KAJIAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI DUNIA PENDIDIKAN

Mahidin Mahidin

Abstract


Administrasi dapat diartikan sebagai keseluruhan proses dari aktivitas-aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan dan melalui orang lain (Robbins, 1998:63). Administrasi dalam pendidikan yang tertib dan teratur, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan. Peningkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan tersebut. Tujuan administrasi pada umumnya adalah agar semua kegiatan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Secara khusus ingin mencapai Efektifitas produksi; Efesiensi; Kemampuan menyesuaikan diri (adaptivenes); dan Kepuasan Kerja. Dengan kata lain bahwa Ukuran keberhasilan administrasi pendidikan adalah produktivitas pendidikan, yang pertama dilihat pada produk hasil atau efektivitas dari proses, suasana dan efisiensi. Dalam pencapaian efektivitas ini diperlukan suatu proses minimal meliputi perilaku manusia berorganisasi. Perilaku itu dapat dinyatakan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atau pembinaan atas tugas kewajiban administratif Kata Kunci: Administrasi, pendidikan,efektivitas.

Full Text:

PDF

References


Burhanudin, Yusak. (2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Castetter, William. B. (1996). The Human Research for Educational Administration. New Jersey : A. Simon & Schus t e r Company. Djam’an Satori (1980)). Administrasi Pendidikan. Bandung. IKIP Bandung. Engkoswara, H. dan Komariah, Aan, (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Made Pidarta, (2008). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara. Universitas Negeri Semarang. Oteng Sutisna. (1989). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya, Yogyakarta, Media Wacana Press, 2003. Robbins, S. P. (1998). Organizational behavior: Concepts, Controversies, applications (8th ed). Upper Sadlle River, NJ: Prentice-Hall




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v7i1.6681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.