Peran Keteladanan Guru Dalam Membentuk karakter Disiplin Siswa SDN No.139/I Sungi Buluh

Sri Heni Hartika Tika

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran model guru dalam membentuk. karakter kedisiplinan siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data digunakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa peran guru juga merupakan panutan yang baik bagi siswa. Guru tidak boleh memberikan hukuman berat tetapi harus menjadi hukuman edukatif.
Kata kunci: Guru, Model dan Disiplin
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran keteladanan guru dalam membentuk. karakter disiplin siswa SDN No.139 / I Sungai Buluh.Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian di SDN No.139 / I Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, data penyajian, dan verifikasi atau penyelesaian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan kesimpulan tentang peran guru juga sebagai teladan yang baik untuk peserta didik nya. Guru tidak bisa memberikan hukuman yang berat tetapi harus dihukum yang mendidik
Kata Kunci: Guru, Keteladanan, dan Disiplin


References


Sugiarti,A.”strategi pembentukan ahlak melalui metode keteladanan pada mata pelajaran pendidikan agama islam Di SMAN 4 Pasuruan”.

Sugiono .(2017). Metode penelitian :kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung ,Alfabeta.

Safitri,M.F.,&Risminawati.M.P.(2018).Keteladanan guru sebagai upaya pembentukan karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa kelas tinggi SD NI Simo Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctorial dissertation ,Universitas MuhammadiyahSurakarta.

Kahmidah ,L.N.(2018).Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Keteladanan Guru Aqidah Akhlak Kelas VIII Mts AL-Ikhsan Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas (Doctorial dissertation ,IAIN)

Silalahi,U.(2006).Metode Penelitian Sosial.

Tohirin.2013.Metode Penelitian Kualitatif dalam pendidikan dan Bimbingan Konseling.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Agus,W.(2012).Pendidikan Karakter ,Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.Yogyakarta :Pustaka Pelajar,hlm 85-86.

Dapartemen pendidikan dan kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-2.Cet ke-4 (Jakarta : Balai Pustaka)

Basuper .R (2017).Peran Guru dalam membentuk kerja sama siswa pada kelas V di SDN 34/I Teratai.(Skripsi,UNJA)

Nugrahani,F.,&Hum,M.(2014).Metode Penelitian Kualitatif.Solo:Cakra Books.

Artikel DetikHealt. (2011). Perilaku pelajar dijepang paling tertib, Indonesia urutan ke 19: DetikHealt.

Juliya, ZS.(2014). Kedisplinan.Malang:Etheses.UIN Malang.

Nursrilifa,M.S.R.(2013).Penerapan Disiplin Oleh Lembaga Kursus Menjahit Pondok Busana Modiste Menurut Warga Belajar.SPEKTUM : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS),1(1),189-204.

Purwanti,S.(2013).Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di Sma Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur.Journal Adminitrasi Negara,1(1),210-224.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.