IMPLEMENTASI CBT SEBAGAI INTERVENSI PSIKOLOGIS UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER HOLISTIK SISWA DI SMP AMANATULLAH BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi pelaksanaan Cognotive Behavior Therapy (CBT) untuk mendukung penguatan karakter Holistiik seperti tanggung jawab, empati, dan kedisiplinan pada siswa sekolah menengah, khususnya di SMP Amanatullah. Subjek penelitian adalah seorang siswi kelas VII di SMP Amanatullah yang memiliki permasalahan kompleks berupa tidak percaya diri, kurang nya minat belajar dan juga trauma. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus penerapan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk membantu membantu individu dalam mengubah pola pikir dan perilaku negatif menjadi lebih konstruktif. Subyek penelitian ini adalah Guru BK dan Siswa yang melaksanakan layanan konseling dengan pendekekatan CBT. Melalui metode ini, siswa diajarkan untuk mengenali dan menantang pikiran negatif, mengembangkan keterampilan sosial, dan menerapkan teknik relaksasi yang dapat mengurangi kecemasan serta meningkatkan rasa percaya diri. Program ini melibatkan evaluasi awal untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi siswa, penetapan tujuan, penerapan teknik CBT, serta evaluasi dan tindak lanjut untuk memastikan keberlanjutan perubahan positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CBT dapat membantu menumbuhkan karakter siswa, terutama dalam hal disiplin, rasa percaya diri, dan keterampilan sosial. Dengan demikian, pendekatan CBT dapat dijadikan sebagai salah satu strategi yang efektif dalam pengembangan karakter siswa di lingkungan pendidikan.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Aini, D. K. (2019a). Penerapan cognitive behaviour therapy dalam mengembangkan kepribadian remaja di panti asuhan. Jurnal ilmu dakwah, 39(1), 70–90.
Aini, D. K. (2019b). Penerapan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan. 39(1), 70–90.
Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22–34.
Anton, A., Anggraeni, D., Munggaran, S. W., Hasbiya, A., & Rahman, A. (2024). Pendekatan pendidikan multikultural dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4375–4384.
Destyani, A. R. (2018). Pengaruh terapi zikir terhadap tingkat kecemasan pada pasien stroke.
Elitasari, H. T. (2022). Analisis Konsep Guru Penggerak: Pandangan Ki Hajar Dewantara. As-Sibyan, 5(2), 79–91.
Gaol, N. T. L. (2021). Faktor-faktor penyebab guru mengalami stres di sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 17–28.
Habsy, B. A. (2018). Konseling rasional emotif perilaku: Sebuah tinjauan filosofis. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 13–30.
Handoko, Y. H. Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 201–212.
Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kematangan karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46.
Jembarwati, O. (2023). Model Konseling Islami untuk Meningkatkan Spiritual Well Being Peserta Didik. Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum, 180–197.
Kusmana, A. (2017). E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 14(1).
Manuntung, N. A., & Kep, M. (2019). Terapi perilaku kognitif pada pasien hipertensi. Wineka Media.
Maunah, B. (2016). The implementation of character education in the formation of students’ holistic personality. Journal of Character Education, 6(1), 90–101. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8615
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.
Nurrohmah, I. I. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Cbt dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Pahrudin, A. (2017). Buku: Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Pusaka Media.
Praekanata, I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., Dharmayanti, P. A., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, dan Teknik untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. Nilacakra.
Pratiwi, A. N., Konseling, B., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). KONSELING KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK : KAJIAN LITERATUR. 42–52.
Reza, M. (2023). Hubungan Self Control Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Riyanti, R. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. UIN Raden Intan Lampung.
Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369–377.
Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game edukasi: Strategi dan evaluasi belajar sesuai abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Situmorang, D. D. B. (2018). Mahasiswa mengalami academic anxiety terhadap skripsi? Berikan konseling cognitive behavior therapy dengan musik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 31–42.
SOLIHAH, N. (2018). Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Sukiyat, H. (2020). Strategi implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24410
Refbacks
- There are currently no refbacks.