PENTINGNYA MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN UNTUK KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

tum umi iyem, Ahmad Calam, Nadia Nadawina, Bintang Faris Ghyatis, Dara Aisyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi media dan teknologi pendidikan bagi kreativitas siswa di kelas bahasa Indonesia SMK PAB 2 Helvet. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dipadukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa untuk mendorong kreativitas siswa diperlukan media yang berkualitas tinggi. Namun, beberapa masalah, seperti kualitas gambar dan pembaruan materi, masih dapat menghambat kreativitas siswa. Oleh karena itu, infrastruktur dan kualitas media yang lebih baik diperlukan agar pendidikan seni dapat berhasil. Selain itu, teknologi seperti laptop dan internet sangat penting dalam menumbuhkan kreativitas siswa dengan meningkatkan pengalaman pendidikan mereka dan mendorong mereka untuk mencoba ide-ide baru. Selain itu siswa semangkin berani untuk memberikan umpan balik pada proses pembelajaran secara relevan sesuai dengan data yang diperoleh dari mengakses internet.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afrizal. (2019) Metode Penelitian Kualitatif: sebagai upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. Pt Rajagrfindo Persada.

Amaliyah, N. (2023) ‘Development of Technological, Pedagogical and Content Knowledge Based Learning Media’, JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), pp. 107–116. Available at: https://doi.org/10.21009/jtp.v25i1.34838.

Eka, S. et al. (2025) ‘Pentingnya Media dan Teknologi Pembelajaran untuk Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni’, 7(1), pp. 163–176.

Kristanto, A. (2017) Memahami Paradigma Pendidikan Seni. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, Dan Musik Gereja, 1(01), 119–126. https://doi.org/10.37368/ja.v1i01.90.

Leimar, O., Quiñones, A. E., & Bshary, R. (2023). (2023) ‘Flexibility of Learning in Complex Worlds.’

Moleong. (2019) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.

Neni Isnaeni and Dewi Hildayah (2020) ‘Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa’, Jurnal Syntax Transformation, 1(5), pp. 148–156. Available at: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.

Nurrita, T. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p. 171. Available at: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Oci, M. (2016) Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26.

Rohani, R. (2020) Media pembelajaran. repository.uinsu.ac.id.

Said, S. (2023) ‘Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21’, Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), pp. 194–202.

Sari, S.P. et al. (2023) ‘Resiliensi Budaya Mahasiswa Dan Implikasinya Terhadap Pedagogi Kedamaian’, Nusantara of Research …, 10(1), pp. 107–122. Available at: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/18081%0Ahttps://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/download/18081/3463.

Setiaman Larosa (2023) ‘Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen’, MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja, 4(1), pp. 45–66. Available at: https://doi.org/10.62240/msj.v4i1.40.

Switri, E. (2022) Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. books.google.com.

Thapa, A.B. (2022) ‘Technology Integration for Quality Education: A study for Equity and Justice’, Bodhi: An Interdisciplinary Journal, pp. 71–88. Available at: https://doi.org/10.3126/bodhi.v8i1.46456.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.