TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKARASTINASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 60 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknik self-management dalam layanan bimbingan kelompok untuk mereduksi perilaku prokrastinasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, rata-rata penurunan perilaku prokrastinasi siswa mencapai 83%, dan pada siklus kedua sebesar 56%. Penurunan ini menunjukkan bahwa teknik self-management efektif membantu siswa mengenali, merancang strategi perubahan, dan mengimplementasikan perilaku belajar yang lebih terorganisir dan bertanggung jawab. Dengan demikian, penerapan teknik self-management dalam bimbingan kelompok direkomendasikan sebagai strategi intervensi di sekolah untuk mereduksi masalah prokrastinasi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustina, Y. (2024). Group Guidance Services with Self-Management Interventions to Reduce Academic Procrastination Among Students. 13(4), 1442–1455.
aqib,z & Amarullah, A. (2019). PTK,PTS, dan PTBK penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah, dan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (F. Suyantoro (ed.)). ANDI Yogyakarta.
BUDIONO, S. (2021). Konseling Kreatif Dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan Dan Konseling. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360
Ditasari, A. M., Anggriana, T. M., & Sulastri, N. S. (2023). Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 7(1), 185–190.
Harmalis, H. (2020). Prokrastinasi akademik dalam perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 83-91.
Jauhar, S., Mutmainnah, N., & Muin, A. (2022). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Gugus III. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 65. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27137
Kanfer, F. H., & Gaelick-Buys, L. (1991). Self-management methods.
Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 85. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7110
Lorig, K. R., & Holman, H. R. (2003). Self-management education: history, definition, outcomes, and mechanisms. Annals of behavioral medicine, 26(1), 1-7.
Lisnawati, A. (2022). UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. universitas jambi.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52.
Newman, S., Steed, L., & Mulligan, K. (2004). Self-management interventions for chronic illness. The Lancet, 364(9444), 1523-1537.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 31–39. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.371
Saputra, R., & Lidyawati, Y. (2019). Self-instruction technique in group counseling to reduce students’ academic procrastination behavior. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i2.420
Setiawan, R., & Nurmawati, N. (2024). Faktor Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10321–10325. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5725
Umarsono, W. (2024). modul layanan bimbingan kelompok (kenali diri sendiri) ( dimas Riqian (ed.)). CV.Amerta Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24210
Refbacks
- There are currently no refbacks.