PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Dewi purnama sari, Ilham Nazaruddin, Satria Ami Marta, Zaskia Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak model Discovery Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam matematika siswa kelas tujuh di MTS PAB 3 Helvetia. Metodologi yang diadopsi untuk penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Uji regresi linier sederhana diterapkan untuk pengujian hipotesis.  analisis data dan pembahasan maka diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 12,12 > 4,15 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga arah koefisen berarti, uji kelinieritas apabila Fhitung < Ftabel  yaitu 0,069 < 2,38 maka H0 diterima dan Ha ditolak maka linier, dan uji hipotesis apabila rhitung > rtabel yaitu 0,52 > 0,34 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan matematika pada materi himpunan kelas VII MTS PAB 3 Helvetia.


Full Text:

PDF

References


Amirudin dan Daimul Hasanah (2023) ‘PEMBELAJARANDISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), pp. 87–100. Available at: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9987/4494.

Angga Ardianto, Dodik Mulyono, Sri Handayani (2019) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP’, Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), pp. 31–37. Available at: https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136.

Anizzulfa, N., Saleh, H. and Safitri, P.T. (2023) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII’, Pedagogy, 8(2), pp. 219–227.

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam pembelajaran matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31-42.

Khuzaimah, U. (2009). Konsep Belajar Sepanjang Hayat.

Harleni, S. (2020) ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020’, 12(1).

Iik Nurhikmayati (2019) ‘Pengaruh Model Two Stay Two Stray Pengaruh Model Two Stay Two Stray’, 3(1), pp. 49–57.

Muhammad Febriansyah, Yeni Listiana, Erna Isfayani, Aklimawati, A.T.H. (2024) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA’, (September).

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108.

Putri, A.I. (2024) ‘Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PBL , PjBL , dan Inquiry Learning’, 08(November), pp. 2462–2469.

Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3), 1-7.

Setiyowati, P. and Panggayuh, V. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Video Scribe Sparkol Terhadap Hasil Belajar SMK Perwari Tulungagung Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018’, Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), pp. 12–21. Available at: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.