Analisis Keefektifan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling Secara Online di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bintang Bayu

Tumiyem Tumiyem, Abdul Rahman, Muhammad Askuri Hasibuan

Abstract


Pemberian Layanan BK pada peserta didik di masa pandemi covid-19 sangat penting, karena besar kaitannya dengan hasil belajar mata pelajaran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Layanan BK di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Bintang Bayu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu sumber data primer atau data utama. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diolah melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; Penggunaan media digital digunakan agar kegiatan layanan BK tetap dapat terlaksana, yakni menggunakan berbagai media daring untuk memudahkan proses interaksi sekalipun tidak dengan tatap muka kapan dan dimana saja. Konselor dapat memberikan layanan dengan aplikasi wahatsApp, Zoom, Google Classroom, telepon dan live chat zoom. Melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam jaringan atau online dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti foto, video dan dokumen. Dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan BK dengan aplikasi wahatsApp, Zoom, Google Classroom, telepon dan live chat zoom kurang efektif karena terdapat beberapa hambatan yaitu, kendala jaringan, biaya pembelian quota, serta tidak secara nyata menampakkan keadaan sebenarnya yang terjadi yang dialami siswa, selain itu sulit mengetahui keseriusan siswa mengikuti layanan, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan layanan. Dari hasil penelitian ini perlu adanya inovasi dalam pemberian layanan BK jarak jauh sehingga target   penyampaian dari materi layanan  dapat  dicapai.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Awwaabiin, S. (2021) ‘Metode Penelitian Kualitatif : Pengertian Menurut Ahli, Jenis-jenis, Karakteristiknya.’, in.

Isman, M. (2017) ‘Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring)’, The Progressive and Fun Education Seminar, pp. 586–588.

Kompas (2020) ‘November’.

Nurkholis (2013) ‘PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto’, 1(1), pp. 24–44.

Rahyubi, H. (2016) Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sari, D. P., Harahap, A. Y. A. and Syahputra, A. (2021) ‘Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Sikap Positif Siswa’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), pp. 2018–2026.

Sofah, R. (2020) ‘Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Masa Pandemi Covid 19’, PD ABKIN JATIM Open Journal System, 7(2), pp. 58–67. Available at: https://www.ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/95.

Undang-Undang (2003) Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional.

Widodo, H. et al. (2021) ‘Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), pp. 2168–2175.

Zuhri, M. and Pembangunan, B. P. (2021) ‘Hambatan Dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah Obstacles And Solutions Of Distance Learning In The Covid-19 Pandemic Era In Central Java’, 6, pp. 173–186. doi: 10.24832/jpnk.v6i2.1841.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.