Stres Akademik Siswa Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling

Wahfiuddin - Rambe, Suhairi Suhairi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang stres akademik siswa selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat serta implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran stres akademik yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat selama mengikuti pembelajaran daring, (2) untuk mengetahui bagaimana implikasi Bimbingan dan Konseling dalam menangani siswa yang terindikasi mengalami stres akademik. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan datanya dengan wawancara dan analisis datanya secara kualitatif. Adapun alasannya menggunakan jenis penelitian ini adalah karena penulis ingin menggali secara maksimal dan mendalam tentang stres akademik yang dialami oleh siswa selama mengikuti pembelajaran secara daring akibat pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres terjadi karena siswa tidak mampu mengatasi kesulitan dan hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran daring. Stres yang dialami siswa termasuk stres negatif sebab memberi dampak buruk pada diri siswa tersebut. Stres yang dialami siswa terlihat pada aspek fisik, kognitif, afektif, dan konatif. Sedangkan faktor penyebab stres pada siswa selama pembelajaran daring terdiri atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, kemampuan, kecerdasan, dan kepribadian seseorang. Sedangkan faktor eksternal meliputi, tuntutan dari sekolah dan orang tua serta ketersediaan fasilitas yang menunjang pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adawiyah, Wardatul. (2016). Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Menengah Atas Di Pondok Pesantren. Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2).

Andiarna, Funsu. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2).

Barseli, Mufadhal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Konseling dan Pendidikan, 5(3).

Fatmawati. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. Psikoborneo, 6(4).

Gaol, Lumban. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1).

Lakaev, Natasha. (2009). Validation of an Australian academic stress questionnaire. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 19(1).

Lindawati, Yustika Irfani, dkk. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1).

Lubis, Saiful Akhyar. (2011). Konseling Islami dan Kesehatan Mental. Bandung: Citapustaka Media Perintis. Mulyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mu’minah, Iim Halimatul, dkk. (2020). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Bio Educatio, 5(2).

Musdalifah, Ana. (2021). Media Daring Layanan BK di Masa Pandemi Covid-19. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 6(1).

Prayitno, dkk. (1999). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Qalbu, Mu’zizati Mentari. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning dan Goal Orientation Dengan Stres Akademik. Psikoborneo, 6(2).

Utami, Sri. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Yusuf. (2004). Mental Hydiene: Pengembangan Kesehatan Mental dalam Kajian Psikologi dan Agama. Bandung: Pustaka Bani Qurasy.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.