PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DILIHAT DARI POLA ASUH ORANGTUA

Mutiara Cahya Noviani, Ahmad Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran jenis pola asuh orang tua, prestasi belajar peserta didik dan pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan memahami perkembangan yang ada, diharapkan orang tua sebagai guru pertama dan terutama untuk anak-anak dapat meningkatkan pola asuh sesuai perkembangan dan melihat kemampuan anak dari segi belajar untuk menunjang prestasi belajarnya. Pola asuh orang tua terbagi menjadi 3, yaitu: 1) pola asuh demokratis, 2) pola asuh otoriter dan 3) pola asuh permisif. Masing masing pola asuh memiliki cara dan keunikan sendiri dalam pengasuhan. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau studi kepustakaan, dimana data dikumpulkan melalui kajian terhadap berbagai artikel yang diperoleh dari berbagai sumber artikel ilmiah yang relevan dengan dengan masalah penelitian menggunakan kata kunci “pola asuh”, dan “prestasi belajar”. Hasil dari kajian literature ini yaitu 1) Pola asuh orang tua, 2) Prestasi belajar. Adapun hasil dari kajian literatur ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Pola asuh yang baik dari orang tua akan berdampak besar terhadap meningkatnya prestasi belajar peserta didik di sekolah. Berdasar dari ketiga jenis pola asuh orang tua, jenis pola asuh demokratis dirasa paling tepat dan sangat dominan dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Siswa, Pola Asuh

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.Dan Kia, Erni Murniarti. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan.

Agus Shaleh Yahya. 2011. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Siswa Pekerja Genting Terhadap Motivasi Belajar dan Moral Siswa di MTs Negeri Sukaraja Kabupaten Majalengka. Tesis. Cirebon: Program Pascasarjana.

Andayani, B. & Koentjoro. 2004. Psikologi Keluarga: Peran Ayah Menuju Coparenting. Surabaya: Citra Media.

Bonita Prabasari. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal.

Cooper, Taylor, dan The UCSC University Library. 2010. In Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter, ed. Mohammad Imam Farisi, paper presented at Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa”. Surabaya: HEPI UNESA.

D.Setyo Prabowo, dkk. 2019. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Botolambat 03 Batang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

Danandjaja. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Dasmo, dkk. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif.

Dimyati , Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Dwi Nanda Oktolika. 2021. Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dwi Yuli Setiasih. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD SE-Gugus Wonokerto Turi Sleman.

Heinrich, C. J. 2014. Parents’ employment and children’s wellbeing. The Future of Children.

Ihdhar Nur Hadyan. 2018. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pola Asuh Otoritatif dan Pola Asuh Mengabaikan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya.

Lindha Pradhipti Oktarina. 2010. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwantoro 2009/2010. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Muh. Anas. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2 Maros. Jurnal Binomial.

Muhammad Hassan. 2010. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nadia Aprilina. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Era Pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Pius Herman Tuwa. 2018. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.

Prima Novia. 2016. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa di SDN Darsono 03 Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember). Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rogers, M. A., Theule, J., Ryan, B. A., Adams, G. R., & Keating,L. 2009. Parental involvement and children’s school achievement. Evidence for mediating processes. Canadian Journal of School Psychology.

Rokhman. 2016. Perbedaan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah (3-6 tahun) Pada Ibu bekerja dan ibu tidak bekerja.

Siti Nurhidayah. 2008. Pengaruh Ibu Bekerja dan Peran Ayah Dalam Coparenting Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Soul.

Sochib, Moch. 2000. Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta: Jakarta.

Suhartono, Suparlan. 2009. Wawasan Pendidikan Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Tri Nur Fadhilah, dkk. 2019. Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.

Tutus Dwi Mitya Febriningyyas. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Manik-Manik Terhadap Motivasi Belajar Anak Remaja Di Dusun Gambang Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang.

Wulan Rata Ningrum. 2016. Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan.

Yeza Piti Tola. 2018. Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Buah Hati.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i1.11800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.