Gambaran Kesepian pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

Mutiara Cahya Noviani, Nurus Sa'adah

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi Covid-19. Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang menggunakan daring dalam kurun waktu hampir tiga tahun ini menimbulkan rasa kesepian pada mahasiswa karena tidak dapat berinteraksi secara langsung baik dengan dosen ataupun teman-temannya. Oleh sebab itu, tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap gambaran kesepian selama pembelajaran daring pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dan kemudian teknik menganalisa data menggunakan mereduksi data dan disajikan, kemudian menarik kesimpulan dari data yang sudah diverifikasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah: Kesepian yang dialami oleh mahasiswa memiliki beberapa karakteristik perilaku dan berfikir yang ditandai dengan perasaan sedih, murung, tidak bersemangat, merasa tidak berharga, yang berpusat pada kegagalan, tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan interaksi sesama individu lainnya dalam proses pembelajaran secara daring.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adreas Wisnu AP, Meytikasari Dwijayanti, & Fayruziyah Ifroch S, (2020). Gambaran Tingkat Kesepian dan Deprisi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah BK: Volume 3 No 3.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aucejo, E. M., French, J. F., Araya, M. P. U., & Zafar, B. (2020). The impact of COVID-19 on student experiences and expectations: Evidence from a survey (No. w27392). National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w27392

Azmir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaterine, R. N. (2020). Mendikbud Nadiem Khawatir Siswa Belajar di Rumah Jadi Merasa Kesepian, Detiknews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d5047163/mendikbud-nadiem-khawatir-siswa-belajar-di-rumah-jadi-merasa-kesepian

Ferawaty Puspitorini, (2020). Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI): Edisi Khusus No. 1.

H.B. Sutopo, Penelitian Kualitatif (2006). Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas sebelas Maret.

Halal, R. S. A. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar’I. 7 (5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Hermawan Warsito. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lexy J. Moloeng. (1998) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martaria Rizky Rinaldi,. Kesepian pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19,. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan: Volume 11 No.3 (Special Issue).

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Nana Saodih Sukmadinata. (2004). Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peplau, L. A., & Perlman, D. (1982). Perspectives on loneliness. In L. A. Peplau, & D. Perlman (Eds.), Loneliness: A sourcebook of current theory, research and therapy (pp. 1-18). Wiley. New York.

Pradana, A. A., Casman., & Nur’aini. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing Pada Wabah Covid-19 Terhadap Kelompok Rentan Di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: Jkki, Volume 09 No. 02.

Sumadi Suryabrata. (1995). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutoyo Anwar. (2013) Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syakir. (2020). Ketentuan Kemenag bagi Madrasah tentang Belajar dari Rumah. Nu Online: Jakarta. Diakses dari https://www.google.com/amp/s/www.nu.or.id/amp?nasional/ketentuankemenag-bagi-madrasah-tentang-belajar-dari-rumah-vo0Qr.

Usman Rianse. (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Victor C. R., & Yang K. (2012). The prevalence of loneliness among adults: a case study of the United Kingdom. Journal Psychology. 146(1-2), 85104. https://doi.org/10.1080/00223980.20 11.613875.

Wei, M., Russel, D.W., & Zakalik, R.A. (2005). Adult attachment, social self-efficacy, self disclosure, loneliness, and subsequent depression for freshman college student: a longitudinal study. Journal of Conceling Psychology: Vol. 52. No.4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11563

Refbacks