MENINGKATKAN KOMITMEN GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH

Subban Lubis

Abstract


Komitmen menjadi salah satu bentuk keseriusan seseorang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam kehidupan. Baik sebagai anggota profesi, organisasi, kegiatan sosial kemasyarakatan ataupun lainnya. Sebagai nilai yang melekat dalam kehidupan manusia, komitmen dianggap menarik untuk dikaji terutama dalam konsep pendidikan. Artikel ini berupaya mengkaji tentang bagaimana komitmen ditegaskan dalam islam yang tentunya telah dijabarkan melalui penafsiran dan pendapat para ulama. Berkaitan dengan hal tersebut, juga guru perlu dikaji bagaimana seharusnya komitmen yang dimiliki guru yang pada kahirnya nanti dapat meningkatkan mutu pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional: Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), hlm. 584.

Stehpen P. Robbins, Manajemen edisi kesepuluh, jilid 1, (Jakarta: Erlangga, 2010) 314

Al-Ma‟arif, “Janji dalam Al - Qur‟an (Kajian Semantic Atas Kata Al-Wa‟d, Al-„Ahd Dan Al-Mitsaq)”, (skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012), vii.

Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Terjemah Tafsir Al-Maraghi (Semarang: CV. Thoha Putra Semarang, 1992), 33.

Yasardin, Asas Kebebasan Berkontrak Syariah, (Jakarta: Kencana, 2018), 2.

Sayyid Qutb, Fi Zilal al-Qur’a>n: Di Bawah Naungan alQur’a>n, terj. As‟ad Yasin dkk, (Jakarta: Gema Insani, 2000) jld 02, 184.

Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, terj. Hery Noer Aly, dkk (Semarang: CV Thoha Purta, 1992) 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.11301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.