Peran Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Siswa Belajar Dari Rumah Serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling

Nurul Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui peran dukungan sosial dan resiliensi siswa belajar dari rumah di sekolah MTs Muallimin; 2) untuk mengetahui implikasi bimbingan konseling terhadap peran dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah di sekolah MTs Muallimin. Sampel pada penelitian ini sebanyak 118 siswa dari kelas VIII Fullday MTs Muallimin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial dan skala resiliensi. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji deskriptif, uji asumsi dan uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana. Hasil didalam penelitian ini menunjukkan: 1) berdasarkan uji asumsi bahwa data penelitian terbukti secara normalitas dan homogenitas; 2) berdasarkan uji hipotesis dapat dilihat dari nilai t: diketahui nilai thitung sebesar 4.034 > ttabel 1.98063 sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi siswa belajar dari rumah.


Full Text:

PDF

References


Amelasasih, Prianggi.Dkk. (2019) Resiliensi Akademik dan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG. 1(1)

Daulay, Nurussakinah. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. 18 (1)

Moridianto. (2017).Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa Di Smp Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care. 1 (1)

Muhammad, Fadhil Dkk. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Remaja di SMA Banda Aceh. Jurnal Suloh. 3 (1)

Nathalia Tri,P., (2020). Tingkat Stress Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JP3SDM. 9(2).

Nurihsan, Achmad Juntika (2011). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prihatsanti Unika. (2014). Dukungan Keluarga dan Modal Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. 13(2).

Purawaningsing.H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Melayani Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran. 1(1)

Riyanta, B. Dkk. (2020). Pembelajaran Daring PTMA di Masa Pandemi Covid-19. Medan : Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Suryani, Ira. Dkk, (2020). Pendidikan Madrasah Pda Masa Pandemi: Panduan Guru BK Melaksanakan Pelayanan Melalui Media Online. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.

Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami. Medan: Perdana Publishing

Widiyanto Mikha Agus. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yuliatul Evita, W. (2018). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam, Proceeding National Conference Psikologi. 1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.