STRATEGI MANAJEMEN INOVASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA JASA (Studi Kasus pada Cleanwash Laundromat di Bandar Lampung)
Abstract
Abstrak.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapanstrategi manajemen inovatif dalam rangka meningkatkanloyalitas pelanggan pada usaha Cleanwash Laundromat di Bandar Lampung. Untuk menjaga kelangsungan usaha, terutama dalam industri jasa yang sangat kompetitif, loyalitaspelanggan merupakan komponen yang krusial. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasusCleanwash Laundromat, dimana data dikumpulkan melaluiwawancara dengan karyawan, manajer, dan pelanggan sertaobservasi diam-diam terhadap proses operasional dan inovatifyang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaCleanwash Laundromat menerapkan inovasi dalam sejumlahbidang, antara lain melalui pengembangan teknologi sepertiaplikasi untuk pembayaran dan pengiriman serta peningkatankualitas layanan seperti sistem pembayaran yang cepat dan efisien. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasanpelanggan dan menciptakan pengalaman yang lebihmenyenangkan bagi mereka. Strategi manajemen inovatif yang diterapkan berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda Muhamad Tri Utama. (2022). Strategi Peningkatan Profitabilitas Warung Bakso Mie Ayam: Analisis Keuangan dan Pengelolaan Kerugian 9, 356–363.
Kelly, T. P. M. F. (2020). Pemasaran Jasa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Rahmadani, I. L., & Ningrum, N. K. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Usaha Rara Laundry. LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 44–59.
Ridwan Basalamah, A. E. (2021). Manajemen Inovasi dalam Bisnis. AE Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=6Z9KEAAAQBAJ
Septiana, A. R. (2020). Manajemen Inovasi: Memenangi Kompetisi, Mengantisipasi Disrupsi. Qnerza Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=OPzhDwAAQBAJ
Soeratin, B. S. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Dalam Industri E-Commerce. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1186–1193.
Wahib, M., & Susanto, A. (2024). PENERAPAN STRATEGI MANAJEMEN INOVASI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN. JOURNAL OF ECONOMICS, BUSINESS, MANAGEMENT, ACCOUNTING AND SOCIAL SCIENCES, 2(2), 100–103.
Widiyanti, A. N., & Yunita, R. (2022). Strategi Usaha Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Singkong Keju Di Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 63–86.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Shiva Andara Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.