ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PT WIJAYA KARYA TBK

Farhan Farhan, Andri Soemitra, Nurwani Nurwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, laporan posisi keuangan pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk periode 2013-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 sampel dengan periode triwulan per tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, likuiditas berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, struktur kepemilikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, umur perusahaan berpengaruh positif dan signifikan. dan berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel profitabilitas, likuiditas, struktur kepemilikan, umur perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk

Keywords


Profitabilitas; Likuiditas; Struktur Kepemilikan; Umur Perusahaan; Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


(IAI), I. akuntan indonesia. (2016). Penyajian laporan keuangan. Dewan standar akuntansi keuangan IAI.

Arini, G. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Cozby, P. C. (2009). Methods in behaviour research. Pustaka pelajar.

Fahmi, R. Z., Sjahruddin, H., & Astuti, N. P. (2016). Pengaruh kecukupan modal dan penyaluran kredit terhadap profitabilitas perbankan. Jurnal Ilmiah BONGAYA (Manajemen Dan Akuntansi), XIX, 27–43.

Ghazali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (4th ed.). Badan penerbit undip.

Hair. (2006). Multivariate Data Analysis Pearson International Edition (Edition 6). New Jersey.

Ikhsan, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Ciptapustaka Media.

Janros, V. S. E., & Prima, A. P. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan(studi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 11(1).

Lako, A. (2007). Laporan keuangan dan konflik kepentingan. Amara books.

Lubis, H. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan sektor penghasilan bahan baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Martciesa, A. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan publik sektor manufaktu Bapepam-LK. Universitas Sumatera Utara.

Nurmiati. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2).

Prihadi, T. (2019). Analisis laporan keuangan. PT Gramedia pustaka utama.

Samsudin, C. M. (2020). Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus COVID-19 Di Kompas.Com. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

Saputra, R. A. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan,Leverage,Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Universitas Bengkulu.

Siregar, H. S. (2018). Pengaruh struktur kepemilikan, kebijakan hutang, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara.

Sulistyo, W. A. N. (2010). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan yang listing di BEI. Universitas Diponegoro Semarang.

Suriyanto. (2011). Ekonometrika terapan: teori dan aplikasi dengan SPSS. Cvandi Offset.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kuantitatif.

Yunita, T. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2015). Uiniversitas islam indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Farhan Farhan, Andri Soemitra, Nurwani Nurwani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Welfare: Journal Of Islamic Economics and Financeby Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/welfare/