PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Fitri Ana Wati, Indico Yudha Ardhana

Abstract


E-Commerce merupakan suatu cara dalam masyarakat memenuhi kebutuhan di tengah kesibukan sehari-hari. Di Indonesia banyak market place yang menyediakan untuk melakukan E-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-Commerce terhadap pendapatan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di simpur center Bandar Lampung.Dengan

Penelitian dilakukan pada 70 UMKM Kabupaten Lombok Barat yang sudah menggunakan e-commerce dan terdaftar di Dinas koperasi dan UMKM dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kabupaten Lombok Barat yang artinya semakin tinggi penggunaan e-commerce pada UMKM maka semakin meningkat pendapatan UMKM di Kabupaten Lombok Barat. Implikasi dari penelitian ini adalah nantinya akan membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya serta memberikan informasi kepada Dinas koperasi tentang pentingnya e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat.

Keywords


E-Commerce, Pendapatan UMKM

Full Text:

PDF

References


Darsana, I. B., & Chintya, W. A. (2013). Analisis pendapatan pedagang di pasar jimbaran kelurahan jimbaran. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam).

Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah)

Nurlaela, N. (2018, September). Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Depok Dilihat Dari Etika Bisnis. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018

Rianty, M., & Rahayu, P. F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi Dan Manajemen

Ulfi, N. (2022). Pengaruh e-commerce terhadap pendapatan umkm kecamatan masamba kabupaten luwu utara. PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA.

Wahyujatmiko, S., & Hadi, I. Y. (2018). Manajemen pemasaran online makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi

Yusuf, M. (2022). Pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Ana Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Welfare: Journal Of Islamic Economics and Financeby Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/welfare/