AKTIFITAS UMAT ISLAM DAN RESPONNYA ‎TERHADAP PELAKSANAAN DAKWAH DI ‎KECAMATAN TINGGI RAJA

Dadang Hidayat ‎ Sitorus

Abstract


Hakikat Islam adalah Agama dakwah, dimana penganutnya mengemban amanat untuk berdakwah. Menurut A. Hasjmy, dakwah adalah: "Menggunakan segala upaya agar ajaran Allah menjadi jalan hidup bagi umat mukmin." Melalui upaya ini, umat Islam mengembangkan sayapnya dan bersatu di bawah prinsip amar ma'ruf nahi munkar. Pengaruh Islam yang besar didasari semangat keislaman yang tinggi, memungkinkan Islam diaktualkan dengan penuh semangat. Penelitian tentang aktivitas dakwah dan respon masyarakat muslim desa di Kecamatan Tinggi Raja bertujuan memahami realitas empirik dari fenomena yang diamati. Dengan metode kualitatif, data yang diperoleh akan lebih lengkap, mendalam, kredibel, dan bermakna, sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. Dakwah menjadi lebih efektif karena mampu menyampaikan pesan serta mengubah perilaku dan mempengaruhi moral manusia. Kreativitas dan respon umat Islam terhadap dakwah adalah upaya untuk perbaikan dan penyempurnaan sistem dakwah. Kerja sama umat Islam dan pengaktualannya penting untuk keberhasilan dakwah kini dan mendatang. Untuk mencapai keberhasilan dakwah, diperlukan pengerahan seluruh kekuatan dan kemampuan, yang merupakan tuntutan dalam Islam dan termasuk jihad. Menanggapi kreativitas umat Islam dan respon masyarakat terhadap dakwah di Kecamatan Tinggi Raja, penulis tertarik menjadikannya penelitian


Keywords


Aktifitas Umat Islam, Responnya Terhadap Pelaksanaan Dakwah

Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. (2000) Ilmu Dakwah Islamiyah. Jakarta: ‎Amzah

Bakhtiar, Wadi. (1997) Metode Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: cv ‎logos Wahan Ilmu.‎

Don., Abdul Ghafar. (2005) Dakwah Dan Etika Politik Di ‎Malaysia. Kuala Lumpur: Utusan Publication dan ‎Distributors Sdn Bhd.‎

Harun, Zubedi. (2001)Pengembangan Masyarakat Wacana Praktik. ‎Jakarta: Cv Medica Perima Jaya.‎

Islami, Hadi S. (1990) Ilmu Dakwah Konsep Paradigme Hingga ‎Metodologi. jakarta: Raja Grafindo Persada.‎

Jalaluddin Rahmat. (1999) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja ‎Rosdakarya.‎

M.Natsir. (1987) Fiqhud Dakwah. VIII. Surakarta: Ramadani.‎

Nasir, Abdullah. (2012) Dakwah Kultural Dan Struktural: Telaah ‎Pemikiran Dan Perjuangan Dakwah HAMKA Dan M. Natsir. ‎Bandung: Cita Pustaka.‎

Nasution, Ismail. (2021) Studi Ilmu Dakwah Kontemporer. Medan: ‎Pusdikra Mitra Jaya.‎

Natsir, Muhammad. (2019) Fiqudda’wah. Bandung: dewan ‎dakwah islamiah Indonesi.‎

Poerdarminta. (1984) W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. IV. ‎Jakarta: Balai Pustaka.‎

Qutb, Muhammad. (1985) JAhiliah Abad Dua Puluh. 1st ed. ‎Bandung: PN. Miza.‎

Sapuri, Rapi. (2015) Psikologi Islam Tuntutan Jiwa Masyarakat Islam ‎Modren. Jakarta: Cv jaya Grafindo Persada.‎

Saputra, Wahidin. (2012) Pengantar Ilmu Dakwah. 2nd ed. Jakarta: ‎Raja Grafindo Persada.‎

Sari, Duma. (2010) Dinamika Pengembangan Masyarakat Islam Dan ‎Respon Dakwah. Bandung: Pustaka Pelajar UMP Press.‎




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ushuluddin.v20i1.22504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dadang Hidayat ‎ Sitorus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY;

 

Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam - UINSU;

 

Jurnal Ushuluddin : Jurnal Pemikiran Islam, Kewahyuan, Politik, dan Hubungan Antar Agama is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.