Analisis Kelayakan Bisnis Terhadap Warung Bakso Yumas Di Kecamatan Karanggeneng Ditinjau Dari Aspek Pemasaran

Dian Parera

Abstract


Competition in the culinary industry is currently very fierce. However, several culinary businesses have managed to survive and even experience an increase in sales every year. An example is Yumas meatballs, this business continues to emphasize the quality and taste of its products, so that it remains in demand by consumers. The success of Yumas meatballs encouraged the author to analyze whether the Yumas meatball business could be developed further. The aim is to understand the marketing strategy implemented by the Yumas meatball owner, identify the advantages and disadvantages of this strategy, and provide recommendations for needed improvements. The research used is qualitative research. The data collection method in this research was through interviews, observation and documentation with the owner of the Yumas meatball stall. The data obtained is primary data. The research results show that Yumas meatballs apply alternative strategies in the marketing aspect, so it can be concluded that Yumas meatballs have the potential to be developed. This is because Yumas meatballs have implemented the 7Ps in the marketing aspect, namely product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process, which are in accordance with the marketing mix indicators.

Persaingan di industri kuliner saat ini sangat sengit. Meski demikian, beberapa bisnis kuliner berhasil bertahan dan bahkan mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya. Contohnya adalah bakso yumas, usaha ini terus menekankan kualitas dan cita rasa produknya, sehingga tetap diminati oleh konsumen. Keberhasilan bakso yumas ini mendorong penulis untuk menganalisis apakah usaha bakso yumas dapat dikembangkan lebih lanjut. Tujuannya adalah untuk memahami strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik bakso yumas, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari strategi tersebut, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang dibutuhkan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pemilik warung bakso yumas. Data yang diperoleh merupakan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakso yumas menerapkan strategi alternatif dalam aspek pemasaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa bakso yumas memiliki potensi untuk dikembangkan. Hal ini karena bakso yumas telah menerapkan 7P dalam aspek pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process, yang sesuai dengan indikator bauran pemasaran. 


Keywords


Studi Kelayakan Bisnis, Aspek Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Agung Gama Dirgantara, G., Sitepu, M., & Panjaitan, F. (2018). Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha “UMKM” Jeruk Kunci Melati Di Kota Pangkalpinang Ditinjau Dari Aspek Finansial. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis, Vol. 5, No. 2, 66–72.

Angger Aditama, R., & Anggoro, Y. (2023). Studi kelayakan Bisnis: Teori, Praktek, dan Evaluasi. Jawa Timur: AE Publishing.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Asman, N. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Bakti, S. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. Padang: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Dayinati, E., Hidayati, S., & Azizah Manurung, U. (2023). Analisis Kelayakan Usaha ditinjau dari Aspek Pemasaran: Studi Kasus Toko Plastik Rika88. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), Vol. 3, No. 2, 6221–6227.

Hajerah Hasyim, S. (2022). Analisis Kelayakan Usaha Ditinjau Dari Aspek Pemasaran (Studi Kasus Pada Warung Bakso Bagus Kecamatan Rappocini). Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, Vol. 3, No. 2, 429–436.

Haris, A. (2019). Studi Kelayakan Bisnis (Tinjauan Teoris Dan Praktik). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Hasan, S., Elpisah, Sabtohadi, J., Zarkasi, & Fachrurazi. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Hasibuan, A. (2023). Manajemen Produksi & Operasi. Banten: PT.Sada Kurnia Pustaka.

Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, No. 57, 1–10.

Jahrizal, Imam Apriliawan, D., Fadly Siregar, R., Rahayu Mainingsih, F., Yunita, V., Eldi, F., Riadi Putra, D., Manurung, A., Wilogeni, S., Rineliana, & Kurniawan, A. (2023). Kajian Studi Kelayakan Bisnis. Bali: Intelektual Manifes Media.

Karnadi, V., Raymond, & Lestari Siregar, D. (2022). Pembinaan Studi Kelayakan Bisnis Bagi Anggota Persatuan Perantau Sariak Sungai Abu (Pessas) Kota Batam. Journal Puan Indonesia, Vol. 4, No. 1, 112.

Kasmir, & Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lusianti, D., Tamara Fahira, K., Idznitia Apriyani Naimi, D., & Norikun, B. (2023). Studi Kelayakan Bisnis (Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis). Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Nurjanah, Santi. (2013). Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis Pada PT Dagang Jaya Jakarta. Journal The Winners Vol. 14, No. 1, 21.

Nurul Aliefah, A., & Arilia Nandasari, E. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 1, 40–56.

Nurul Ichsan, R., Nasution, L., & Sinaga, S. (2019). Studi Kelayakan Bisnis (Business Feasibility Study). Medan: CV Manhaji.

Rahmadani, S., & Makmur. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu Dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, 1–84.

Sa’adah, L., & Choiriyah, Z. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran di CV. Zam-Zam. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Sukmawati, H., & Zahra Nasution, F. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Pada Usaha Mikro Tempe. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 4. No. 1, 42.

Syahputra, Jan Salean, F., Nurhayati, N., Ngurah Suaryasa, I. G., Dudi Darmawan, E., Ningsih, F., Ratnawati, PD Anantadjaya, S., Yoseph Merung, A., B. Hina, H., Kurniawan, H., & Rohanie Mbado, M. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. Bali: Intelektual Manifes Media.

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Yanuar, D. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-KOMBIS, Vol. 2, No.1, 46–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Parera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TANSIQ: Jurnal Manajemen dan Bisnis Syariah merupakan terbitan ilmiah yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/