Penerapan Etika Bisnis Syariah Pada CV Arfa Sundari Jaya Medan

Khairil Anshari

Abstract


Along with the times, human resources also have a decline in value in the aspects of morals, ethics, and also morals. One of the efforts to maintain a good business is to maintain and implement business ethics. Sharia business ethics are rules or norms that must be carried out by business people referring to the Qur'an and Hadith. This research is a type of qualitative research with a field study approach that aims to determine the application of sharia business ethics at CV Arfa Sundari Jaya Medan. The main source of data used comes from informants, namely owners and employees, while the techniques used in data collection are interviews, observation, documentation. The results of this study found that sharia business ethics contained in CV Arfa Sundari Jaya Medan has been applied in accordance with the principles in sharia business ethics which refers to devotion, justice, social responsibility, equality, compliance with Islamic law, purity, exemplary, concern for employees, avoidance of usury and gharar, concern for the environment.


Seiring dengan perkembangan zaman, sumber daya manusia juga memiliki penurunan nilai pada aspek moral, etika, dan juga akhlak. Salah satu upaya untuk mempertahankan bisnis yang baik yaitu memelihara dan menerapkan etika bisnis. Etika bisnis syariah merupakan aturan atau norma yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis mengacu kepada Al qur’an dan Al hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis syariah pada CV. Arfa Sundari Jaya Medan. Sumber data utama yang digunakan berasal dari informan yaitu pemilik dan karyawan, sedangkan Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini di temukan bahwa etika bisnis syariah yang terdapat pada CV. Arfa Sundari Jaya Medan telah diterapkan sesuai dengan prinsip dalam etika bisnis syariah yang mengacu pada ketaqwaan, keadilan, tanggung jawab sosial, kesetaraan, kepatuhan terhadap hukum Islam, kesucian, keteladanan, kepedulian terhadap karyawan, penghindaran Riba dan Gharar, kepedulian terhadap lingkungan.


Keywords


Etika, Bisnis Syariah

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil. Jurnal Hukum Islam Iain Pekalongan, 3(1)

Hasan. (2015). Business Ethics In Islamic. International Journal Of Business and Social Science, 6 (8), 1-9.

Samad, Mukhtar. (2016). Etika Bisnis Syariah: Berbisnis Sesuai Dengan Moral Islam. Yogyakarta: Sunrise.

Syahrizal, A. (2018). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2), 101-116.

Sundari, D., Erliyanti, E., Ventiany, D., Tarigan, V. E., & Rizka, M. (2023). Analisis Peningkatan Usaha Bisnis Syariah Dalam Meningkatan Pendapatan Masyarakat Muslim Di Kota Medan. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 94-106.

Tasman, dkk. (2021). Business & Entrepreneurship Management: Turn Your Ideas into a Fast-Growing Enterprise. Yogyakarta: GCAINDO.

Wati, D., Arif, S., & Devi, A. (2022). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online di Humaira Shop. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 141-154.

Yurmaini, dkk. (2021). Pengantar Ekonomi Syariah. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Yurmaini, dkk. (2020). Kewirausahaan. Malang: CV. Literasi Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khairil Anshari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TANSIQ: Jurnal Manajemen dan Bisnis Syariah merupakan terbitan ilmiah yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/