Perkembangan Hotel Syariah di Bandung

Nadya Az-Zahra, Faisa Azmi Firjatullah, Farha Ratu Sabila, Nymas Mu’nisah Anggraeni, Popon Srisusilawati

Abstract


Indonesia merupakan pasar muslim yang sangat besar, terutama di pasar ASEAN dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia saat ini. Oleh karena itu, sering kita jumpai beberapa perusahaan dunia yang menggunakan konsep hukum Syariah itu sendiri dalam bisnisnya, salah satunya wisata halal, yang merupakan salah satu sektor dalam ekonomi syariah yang mengalami perkembangan signifikan. Bandung merupakan salah satu kota industry pariwisata yang dapat dilihat perkembangannya sangat cepat. Hal ini juga berpengaruh pada penyediaan akomondasi terutama hotel, dengan label Syariah. Dalam hal ini, hotel syariah merupakan bagian integral dari industri pariwisata halal. Namun dibandingkan dengan hotel yang menggunakan sertifikasi non halal, jumlah tersebut masih jauh tertinggal. Dari tujuan penulisan ini karena adanya peluang dan tantangan hotel syariah dalam masyarakat cosmopolitan, yaitu masih banyak orang-orang yang belum akrab dengan hotel yang berbasis syariah, serta pelatihan-pelatihan tentang konsep syariah harus dilakukan oleh pelaku bisnis yang terus berusaha untuk menampilkan produk dan layanan yang berbeda dengan menciptakan hal-hal yang unik dalam menghubungkan konsumen. Yang selanjutnya akan menjadi pedoman bagi para pelaku usaha di bidang Pariwisata Syariah terutama Hotel Syariah.

Keywords


Hotel Syariah di Kota Bandung, Pariwisata, Perkembangan.

Full Text:

PDF

References


Antonio, S. (2010). Marketing Syariah. Jakarta: Gema Insani.

Fahrurrozi, M. (2020). Problematika Legalitas Hotel Syariah Ditengah Perkembangan Industri Pariwisata Syariah Di Kota Bandung.

Mansyuroh, F. (2018). Peluang Dan Tantangan Bisnis Hotel Syariah Pada Mayarakat Kosmopolitan. Jurnal Studi Ekonomi, 92-103.

Mariana, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah.

Steadmon, C. E., & Kasavana, M. L. (1990). Managing front ofice operations. Michigan: Educational Institute of the American Hotel & Motel Association.

Zamakhsyari Baharuddin, F. A. (2018). Perkembangan Bisnis Hotel Syariah Di Indonesia. Jurnal Al-‘Adl, 33-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadya Az-Zahra, Faisa Azmi Firjatullah, Farha Ratu Sabila, Nymas Mu’nisah Anggraeni, Popon Srisusilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TANSIQ: Jurnal Manajemen dan Bisnis Syariah merupakan terbitan ilmiah yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/