Perkembangan Konsep Halal Suply Chain Dalam Industri Halal Fashion

Muhammad Helmi, Nurul Jannah

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan konsep supply chain management dalam industry halal fashion, tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dipaparkan dengan merujuk kepada sumber pengetahuan utama umat Islam yaitu al-Quran dan Hadist yang kemudian di dukung oleh artikel yang telah ditulis oleh beberapa orang. Dalam perkembangan konsep supply chain halal fashion melihat beberapa hal yaitu supplier, manufactures, Distribution, and Retail. Pada konsep Spplier wajib memiliki standar ukuran dari produk kehalalan dari fashion dari sisi bahan baku dan desain dari produk fashionnya, dalam memproduksi fashion perlu memperhatikan prosedur produksi yang menjamin kehalalan, setelah itu, dalam mendistribusikan produk fashion diperlkan control action, yang mencakup pembersihan container atau transportasi pengangkut, pemisahan antara barang halal dan haram, dan pada tahap akhir pada retail, perlu memperhatikan etika pemasaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam


Keywords


Fashion, Industri Halal, Supply Chain Management

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (1999). Sejarah dan Gaya dalam Fashion. Bogor: Institut Tekhnologi Bogor.

al-Naisaburi, I. A. H. M. I. al-H. al-Q. (1991). Sahih Muslim (Juz 3). Beirut: Dar al-Kitab alIlmiah.

Alawiyah, S., Handrianto, B., & Kania Rahman, I. (2020). Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), 218–228. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.338

Anwar, S. N. (2011). Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) : Konsep Dan Hakikat. Jurnal Dinamika Informatika, 3(2), 1–7. Diambil dari http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/1315/531

As-Sijistani, A. D. S. bin A.-A. (n.d.). Sunan Abi Dawud. Riyad: Maktabah al-Ma’arif Lin ONatsri wa al-Tauzi’i.

Barnard, M. (2016). Fashion sebagai Komunikasi Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas dan Gender. Yogyakarta: Jalasutra.

bin Saurah, A. I. M. bin I. (2003). Sunan Tirmidzi (Jilid 4). Beirut: Daarul Fikr.

bin Yazid, A. A. M. (2004). Sunan Ibnu Majah (Jilid 1). Beirut: Daarul Fikr.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2005). Al-qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.

Faried, A. I. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia. Jurnal kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4(2), 9–19.

Hasan, A. S., & Hamdi, B. (2022). Perkembangan dan Tantangan Halal Fashion Indonesia dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al-Azhar: Journal of Islamic Economics, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie

Herman. (2022). Fashion Muslim Wajib Punya Sertifikat Halal Maksimal 2026. Diambil dari Beritasatu website: https://www.beritasatu.com/ekonomi/930317/fashion-muslim-wajib

punya-sertifikat-halal-maksimal-2026

Muflihin, M. D. (2018). Konstruksi Indikator Halal dalam Perkembangan Industri Halal Fashion (UIN Sunan Ampel). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Qazwini (al), A. A. M. I. Y. (1823). Sunan Ibnu Majah. Riyad: Maktabah al-Ma’arif Lin Natsri wa al-Tauzi’i.

Ramadhani, H., Nur, A., & Murniningsih, R. (2021). Pengaruh gaya hidup halal dan selfidentity terhadap halal fashion di Indonesia. Business and Economics Conferences in Utilization of Modern Technology, 537–546. Diambil dari http://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/5945

Sabiq, S. (2013). Fiqh Sunnah Jilid 5 (Terj Abu Syauqinah dan Abu Aulia Rahma, Ed.). Jakarta: PT. Tinta Abadi Gemilang.

Shaid, N. J. (2022). Bisnis Retail: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Diambil dari Kompas.com website:

https://money.kompas.com/read/2022/03/14/232646226/bisnis-retail-pengertian-carakerja-fungsi-jenis-dan-contohnya?page=all

Soekanto, S. (2014). Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo.

Sumarliah, E., Li, T., Wang, B., Fauziyah, F., & Indriya, I. (2022). Blockchain-Empowered Halal Fashion Traceability System in Indonesia. International Journal of Information Systems and Supply Chain Management, 15(2). https://doi.org/10.4018/IJISSCM.287628




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i2.19737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/