Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

Syahdani Nazwa Edji, Muhammad Raihan Zidane Nasution

Abstract


Karena kemampuan mereka untuk beroperasi secara mandiri dan kebutuhan modal yang rendah, usaha kecil dan menengah (UKM) menarik bagi pedagang independen. Kebangkitan UKM memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pembangunan regional karena dapat menciptakan lapangan kerja, memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan stabilitas di tingkat nasional. Persaingan akan selalu terjadi di dalam setiap usaha atau bisnis. Justru dengan adanya persaingan setiap pelaku usaha akan memperbaiki produk, pelayanan, dan memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Penelitian ini menyajikan data dari focus group talk dan analisis publikasi sebelumnya dari database Google Scholar dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif. Agar siap untuk analisis konten lebih lanjut, analisis konten artikel dilakukan untuk memetakan subjek dan tema utama yang telah dibahas sepanjang waktu dalam database Google Cendekia. Peningkatan daya saing ini bisa dilakukan dengan upaya meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk, pengembangan teknologi, dan kapasitas pelaku UKM


Keywords


Bisnis, Daya Saing, Usaha Kecil Menengah (UKM)

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Jl. Padat Karya : Hak Penerbitan ada pada © Bening media Publishing 2022.

Andriyanto, I. (2018). Penguatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui ECommerce . Institut Agama Islam Negeri Kudus

Ardianingsih, s. n. (2021). ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA K. jurnal ekonomi dan bisnis

Endah Fantini, M. S. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal ekonomi, manajemen, bisnis dan sosial

Erina Alimin, E. D. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern).Batu Layar.: Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).

I Wayan Willy Mustika, S. B. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah . Jurnal Riset Manajemen Komunikasi

Irfan Ardiansah, S. M. (2020). OPTIMALISASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA MARKETING. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.

Iriani, Y. (2022). Strategi Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Melalui Teknologi . Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.

Iswidana Utama Putra, N. A. (2023). Sosialisasi Manfaat Pengemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing . Jurnal Dehasen Mengabdi.

Jefry Romdonny, M. L. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG PEMASARAN . IKRAITH EKONOMIKA .

Kadeni, N. S. (2020). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH). EQUILIBRIUM.

Khomah, I. (2022). Implementasi Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing . Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045.

Kustiawan, W. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. Jurnal Perpustakaan dan Informasi.

Mardinawati, B. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI . JURNAL AKTUAL AKUNTANSI BISNIS TERAPAN.

Maria Nila Anggia Rini, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. JUTEI

Mira Veranita, L. A. (2022).Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen

Mohamad, R. (2020). Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) . JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS .

Nafisa, N. P. (2019). PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA

KECIL MENENGAH (UKM). Jurnal ekonomi dan ilmu sosial

Novitasari, A. T. (2022). KONTRIBUSI UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ERA. Journal of Applied Business and Economic (JABE)

Nurfajri. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Nurhayati, S. (2021). ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK . Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Pasaribu, R. M. (2020). ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN. Journal Of Economics and business.

Ricky Noor Permadi, M. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM . Jurnal Ilmu Komunikasi,

Saerang, R. T. (2020). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING . Jurnal EMBA.

Selfi anggriani saputri, i. b. (2023). PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i2.19702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/