Pengaruh Pendapatan, Kepekaan Sosial dan Promosi Terhadap Minat Civitas Akademika Dalam Membayar Zakat, Infak Dan Sedekah Melalui Polmed Ziswaf Center

Amanda Adelia Nasution, Muhammad Zuhirsyan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, kepekaan sosial dan promosi terhadap minat civitas akademik dalam membayar zakat, infak dan sedekah melalui Polmed Ziswaf Center. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas atau independent yaitu pendapatan, kepekaan sosial, promosi dan variabel terikat atau dependent yaitu minat membayar zakat, infak dan sedekah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden yaitu civitas akademika Politeknik Negeri Medan, dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikansi sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pendapatan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat civitas akademika dalam membayar zakat, infak dan sedekah, variabel kepekaan sosial berpengaruh dan signifikan terhadap minat civitas akademika dalam membayar zakat, infak dan sedekah, variabel promosi berpengaruh dan signifikan terhadap minat civitas akademika dalam membayar zakat, infak dan sedekah dan secara bersama-sama atau simultan pendapatan, kepekaan sosial dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat civitas akademika dalam membayar zakat, infak dan sedekah melalui Polmed Ziswaf Center.


Keywords


Pendapatan; Kepekaan Sosial; Promosi; Minat Membayar Zakat; Zakat; Infak; Sedekah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tajuddin Arafat. (2021). berzakat itu mudah fikih zakat praktis. CV Lawwana.

Aminuddin, Z. S., Walid, D. M. M., Warif, S. A., & ... (2020). Enhancement of zakat institutions through zakat management of Gharimin Asnaf: case study in Malaysia and Indonesia. … Journal Of Technical …. http://journal.pktm.org/index.php/ijtvet/article/view/31

Fahmi, Z., & Nur, M. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, dan Kepercayaan, terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/ekonomi_regional/article/view/592

Haq, M., & Ainul, C. (2017). Legalitas pengelolaan lembaga zakat, infak, dan sedekah berbasis kampus ditinjau dari Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat: Studi …. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6917

Hasibuan, H. (2019). Strategi Peningkatan Pengumpulan Zakat Infak Dan Sedekah Pada Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/5864/1/SKRIPSI.pdf

Ismail, R. (2020). Agama Dan Filantropi: Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Filantropis Zakat (Muzakki) Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Ambon. Religi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Pakpahan, D. R., & Fadli, A. (2021). Pengaruh Pelayanan, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Sumut. Jurnal Ekuivalensi. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/498

Saleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi dalam Perspektif Islam: Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.

Satria, N. P., & Ridlwan, A. A. (N.D.). Pengaruh Kualitas Layanan Islami Dan Promosi Islami Terhadap Keputusan Donatur Membayar Zakat, Infaq, Dan Sedekah Pada …. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/29390

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Syardiansah, S. (2017). Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tingkat …. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis. https://ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/426

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tho’in, M., & Marimin, A. (2019). Pengaruh tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan tingkat religiusitas terhadap minat muzakki membayar zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/678

Tika, W. (2019). Handbook Zakat. Surabaya: Airlangga University ….

Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. books.google.com.

Wahyuni, B. (2018). Pengaruh Keimanan dan Altruisme (Kepekaan Sosial) terhadap Partisipasi Berinfak Jamaah Musalla al-Amin Ronowijayan Ponorogo. etheses.iainponorogo.ac.id. http://etheses.iainponorogo.ac.id/5002/1/upload binti wahyuni.pdf

Yulianto, F., & Rahmawati, L. (2021). Pengembangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN Sunan Ampel Surabaya: Telaah Strategi dan Implementasinya. … of Zakat and Waqf Journal …. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MAZAWA/article/view/413




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i2.18003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/