KORELASI JUMLAH UANG BEREDAR DAN KURS RUPIAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA

Yasirwan Yasirwan

Abstract


Pada negara-negara berkembang salah satu parameter yang penting dalam perekonomian ialah tingkat inflasi. Laju pergeseran tingkat inflasi selalu diusahakan stabil dan mengalami penurunan dari periode sebelumnya sehingga menjadi rendah. Secara umum laju tingkat inflasi yang tidak stabil disertai terus meningkat tinggi akan menjadi kecenderungan melonjaknya tingkat harga barang serta jasa sehingga akan berdampak pada pendapatan nasional yang merasakan penyusutan disebabkan kapasitas beli di masyarakat yang berkurang. Pada artikel ilmiah ini pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan tekhnik yang dilakukan dalam pengutipan sampel ialah melalui tekhnik purposive sampling. Pengkajian ini menggunakan data jenis sekunder yang bersumber pada statistik ekonomi dan keuangan dari Bank Indonesia kemudian metode pengolahan serta analisis data yang dipakai  ialah regresi linear berganda. Adapun tujuan dari artikel ilmiah ini ialah menganalisis korelasi antara banyaknya uang yang mengalamai peredaran serta kurs rupiah berdasarkan dollar terhadap inflation diIndonesia runtun waktu Januari 2021 hingga September 2022. Hasil analisis yang diperoleh pada artikel ilmiah ini ialah secara simultan banyaknya uang yang mengalami peredaran serta kurs rupiah memiliki korelasi yang signifikan terhadap inflation. Secara partial banyaknya uang yang mengalamai peredaran berkorelasi positif serta signifikan terhadap inflation begitu juga dengan kurs rupiah berkorelasi positif serta signifikan terhadap inflation

Keywords


Inflasi, Nilai Tukar, Uang Beredar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agusmianata, Nuri, Theresia Militina, and Diana Lestari. “Pengaruh Jumlah Uang Beredar Dan Tingkat Suku Bunga Serta Pengeluaran Pemerintah Terhadap Inflasi Di Indonesia.” Journal of Economics and Business Mulawarman (JEBM) 19, no. 2 (2017): 188–200.

Dornbusch, R, and S Fischer. Macroeconomics: Fourth Edition. Singapore: McGraw-Hill Publications, 1997.

Firmansyah, and Safrizal. “SBI, Jumlah Uang Beredar, Dan Ekspor Terhadap Inflasi Dan Cadangan Devisa Di Indonesia.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 9, no. 2 (2018): 188–197.

Jumhur, M. Ali Nasrun, Memet Agustiar, and Wahyudi. “Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Ekspor Dan Impor Terhadap Inflasi (Studi Empiris Pada Perekonomian Indonesia).” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan 7, no. 3 (2018): 186–201.

Langi, Theodores Manuela, Vecky Masinambow, and Hanly Siwu. “Analisis Pengaruh Suku Bunga BI, Jumlah Uang Beredar, Dan Tingkat Kurs Terhadap Tingkat Inflasi Di Indonesia.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 14, no. 2 (2017): 44–58.

Mishkin. The Economics Of Money, Banking And Financial Market. Edisi ke 8. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Ningsih, Suhesti, and LMS Kristiyanti. “Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga, Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia Periode 2014-2016.” Jurnal Manajemen Sumber Daya 20, no. 2 (2018): 96–103.

Nopirin. Ekonomi Moneter. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2000.

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Noviansyah Rizal, and Riza Bahtiar Sulistyan. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Keti. Lumajang: Widya Gama Press, 2021.

Sukirno, Sadono. Makroekonomi Modern. Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Suseno, and Siti Astiyah. Inflasi. Jakarta: PPSK BI, 2009.

Susmiati, Ni Putu Rediatni Giri, and Nyoman Senimantara. “Pengaruh Jumlah Uang Beredar Dan Nilai Tukar Rupiah (Kurs) Terhadap Tingkat Inflasi Di Indonesia Tahun 2011-2018.” Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ) 4, no. 2 (2021): 68–74.

Utari, G. A. Diah, Retni Cristina, and Sudiro Pambudi. Inflasi Di Indonesia: Karakteristik Dan Pengendaliannya. Jakarta: BI Institute, 2016.

www.bi.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i1.14894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/