KEBIJAKAN MONETER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DALAM PEREPEKTIF EKONOMI ISLAM

Indah Aminah Putri, Eza Okhy Awalia Nasution

Abstract


Dalam sistem ekonomi Islam, peran pemerintah sangat krusial. Pemerintah mengambil sikap tegas tidak hanya pada penerapan Syariah oleh masyarakat umum, tetapi juga pada kebijakan ekonomi, seperti Pemenuhan kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan serta pendidikan dan kesehatan dengan tetap menjaga kerahasiaan . Kontrak kerja, kontrol nilai tukar dan pencegahan kenaikan harga. Inflasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah harus memiliki sumber daya yang cukup sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dan satu-satunya aspek keuangan adalah uang. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dirancang untuk mengatur aliran uang dalam perekonomian guna menjaga stabilitas harga, inflasi terkendali, lapangan kerja penuh dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Penulis artikel ini mencoba untuk menyelidiki dampak kebijakan moneter dan hubungannya dengan perkembangan sistem ekonomi Islam dari perspektif teoritis dan konseptual. Kajian tersebut menyatakan bahwa tidak ada perbedaan peran kebijakan moneter baik dalam perspektif ekonomi Islam maupun modern, kecuali bahwa dalam perspektif ekonomi Islam pemerintah harus menjamin terpeliharanya nilai-nilai. pasar, seperti cadangan wajib dan pengaturan pembayaran bunga pinjaman, segala sesuatu yang dilakukan dalam bisnis ini dilakukan sesuai dengan prinsip Islam dan didasarkan pada praktik riba

Keywords


Kebijakan Moneter, Ekonomi Islam, Pembangunan Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Askari, Hossein, Zamir Iqbal, and Abbas Mirakhor, Introduction to Islamic Economics (Singapore: John Wiley and Sons Singapore, 2015)

Chapra, M. Umer, “Money and Banking in an Islamic Economics”. Dalam Mu- Hammad Ariff (Ed,), Monetary and Fiscal Economic of Islam (Jeddah: Center for Research in Islamic Economics, 1982)

———, Sistem Moneter Islam (Jakarta: Gema Insani Press, 2000)

Karim, Adiwarman Azwar, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, 4th edn (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

Latifah, Nur Aini, ‘KEBIJAKAN MONETER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH’, Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 11.2 (2015), 124

Mansyur, Ahmad, ‘Potensi Tabungan, Modal Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Islam’, Keislaman Program Pasca Sarjana “AKADEMIKA” IAIN Sunan Ampel Surabaya, 13.1 (2003)

Soemitra, Andri, Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah (Jakarta: Kencana, 2018)

Sudirman, Wayan, Kebijakan Moneter Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Jakarta: Kencana, 2011)

Wardhono, Adhitya, Yulia Indrawati, Ciplis Gema Qoriah, and M. Abd. Nasir, Perilaku Kebijakan Bank Sentral Di Indonesia (Jawa Timur: Pustaka Abadi, 2019)

Yusuf, Muri, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Jakarta: Kencana, 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v8i1.13778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/