ANALISIS INTERAKSI DAN PREDIKTIF CAR, NPF DAN FDR TERHADAP ROA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Tajul Ula, Alfian Muhammad, Sabilla Ayuni

Abstract


Perkembangan Retrun On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal seperti makro ekonomi. Adapun faktor internalnya yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Permorming Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh CAR, NPF dan FDR terhadap ROA Bank Umum Syariah dengan melibatkan analisis dalam jangka pendek dan jangka panjang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis data menggunakan model Autoregressive Distributed Lag (ARDL). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa variabel ROA, CAR, NPF dan FDR memilki stasioneritas pada First Differences serta kointegrasi yang mengartikan variabel ROA,CAR, NPF dan FDR memiliki kointegrasi sebagai penanda memilki hubungan jangka panjang. Selain itu, secara simultan variabel,CAR, NPF dan FDR berpengaruh nyata terhadap ROA bank umum syariah periode 2015 -2020 serta sebagian besar variabel independen beserta lag optimumnya berpengaruh signifikan terhadap ROA. Hasil analisis model ARDL ini juga sudah terbebas dari pelanggaran asumsi klasik dan berdasarkan uji stabilitas juga sudah menunjukkan model yang stabil dan layak untuk dilakukan forecasting. Hasil dari seluruh rangkaian model ARDL ini mengindikasikan bahwa perbankan syariah dalam meningkatkan profitabilitasnya agar mengelola keuangannya dengan cermat agar seluruh indikator rasio keuangan terus dalam keadaan yang stabil.


Keywords


CAR, NPF, FDR, ROA, Bank Umum Syariah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, Dinnul Alfian, Rika Lidyah, and Fernando Africano. “Pengujian Kausalitas NPF, FDR, BOPO, CAR, Inflasi, Dan Nilai Tukar Terhadap Return On Asset Bank Umum Syariah” (2017): 9.

Gujarati, Damodar N, and C. Porter Dawn. Dasar-Dasar Ekonometrika. 2nd ed. Jakarta: Salemba Empat, 2012.

Ikhwal, Nuzul. “Analisis ROA Dan ROE Terhadap Profibilitas Bank Di Bursa Efek Indonesia.” Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan-Volume 1, no. 2 (2016).

Kuncoro, Mudrajad, and Suhardjono. Manajemen Perbankan: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE, 2011.

Lemiyana, and Erdah Litriani. “Pengaruh NPF, FDr, BOPO Terhadap Return On Asset (ROE) Pada Bank Umum Syariah.” I-Economic 2, no. 1 (2016): 31–49.

Muhammad. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Ramadhani, Iqbal. Analisis Pengaruh FDR, CAR, NPF, BOPO Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia:Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Periode 2008-2017. Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang (2018): 1-13.

Rois, Adib Khusnul, and Sugianto Didik. “Kekuatan Perbankan Syariah Di Masa Krisis.” MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE) 1, no. 1 (2021): 1–8.

Rustam, Bambang Rianto. Manajemen Resiko Perbankan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Simorangkir. Pengantar Lembaga Keuangan Bank Dan Non Bank. Bogor: Jawa Barat: Ghalia Indonesia, 2014.

Widarjono, Agus. Ekonometrika Teori Dan Aplikasinya Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia, 2007.

Yusuf, Muhammad. “Dampak Indikator Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia.” Jurnal Keuangan dan Perbankan 13, no. 2 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v8i2.13558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/