PERSPEKTIF FIQH TAMKIN DALAM PERAN PEMBERDAYAAN EKONOMI OLEH KOPERASI MITRA DHUAFA KOTA LANGSA

Vita Vella Safriyanti, Nanda Safarida, M. Yahya

Abstract


Kemiskinan merupakan masalah bagi setiap negara. Kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan setiap masyarakatnya. Salah satu usaha untuk menurunkan angka kemiskinan dilakukan melalui koperasi. Koperasi Mitra Dhuafa didirikan khusus untuk membantu anggota perempuan yang sudah berkeluarga agar dapat menjalankan usaha dan memperbaiki perekonomian dengan cara meminjmakan modal serta dapat pula memberikan pinjaman dalam bentuk bahan bangunan untuk yang ingin memperbaiki tempat tinggal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis peranan Koperasi Mitra Dhuafa Kota Langsa dalam memberdayakan perekonomian anggotanya berdasarkan fiqh Tamkin dan untuk mengetahui kendala dan upaya Koperasi Mitra Dhuafa Kota Langsa dalam memberdayakan ekonomi anggotanya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode content analysis sebanyak 3 informan dari Kopeasi Mitra Dhuafa dan 6 informan dari anggota kelompok yang berasal dari Gampong Meutia, Daulat dan Matang Seulimeng, dikumpulkan data dan informasinya melalui kegiatan interview. Hasil penelitian diketahui bahwa Koperasi Mitra Dhuafa Kota Langsa memiliki peran dalam memberdayakan perekonomian anggotanya.Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara dengan responden yang menyatakan bahwa dengan adanya koperasi mitra dhuafa perekonomian menjadi lebih baik, karena dapat menjalankan usaha dan memperoleh pendapatan. Sehingga berdasarkan perspektif tamkin (kekuatan atau berdaya) koperasi memiliki kekuatan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi anggotanya untuk berusaha dan menghasilkan pendapatan yang dapat memperbaiki perekonomian. Sementara yang menjadi kendala adalah masih adanya kasus gagal bayar yang kemudian diupayakan melalui sistem tanggung renteng dimana bagi anggota dalam satu kelompok harus membantu membayar anggota lain yang gagal bayar.


Keywords


Fiqih Tamkin; Peran Koperasi; Pemberdayaan; Tanggung Renteng

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daniel. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. (wordpress.com, 2014) diunduh tanggal 12 Februari (2021)

Euis Amalia. (2009). Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam: penguatan peran LKM dan UKM di Indonesia.Jakarta: Rajawali Pers.

Jumriani Nur. (2019). Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggoata pada Koperasi masjid Al-Makaz Al-Islami Makassar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Kusumaningrat,Hikmat. (2010). Memberdayakan Ekonomi Rakyat Kecil, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Burhan Bungin, (2009). Metode penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya Jakarta: Kencana.

Hasbi Muhammad. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol 3, No. 1

Mardi Yatmo Hutomo. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Ekonomi Yogyakarta: Adiyana Press.

Pandji Anoraga dan Ninik Widyanti. (2009). Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta

Paramata, Sri Hantu. (2015). Peran Koperasi Annisa dala Meningkatkan Kesejahteraan Anggota di Desa Parungi Kecamatan Boliyohuto Kecamatan Gorontalo, Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 4 No. 2

Sanrego Yulizar D. dan Moch Taufik (2016). Fiqih Tamkin (Fiqih Pemberdayaan) Jakarta: Qisthi Press.

Santosa,Purbayu Budi. (2014). Eksistensi Kopeasi: Peluang dan Tantangan di Era Pasar Global, Jurnal Dinamika Pembangunan Vol 1, No, 2.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI Jakarta: Rineka Cipta.

Sunartiningsih, Agnes. (2010). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Bandung: Rosdakarya.

Nailis, Syuhada, Syamsu Rizal dan Shelly Midesia. (2019). Pengaruh Faktor-faktor Kualtias pelayanan terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) Cabang Aceh Tamiang, (Jurnal Investasi Islam Vol IV. No. 2.

Tjurparman, Yooke dan Komaruddin, (2014). Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Akasara,

Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Koperasi

Widiyanti,Ninik. (2012). Koperasi dan Perekonomian Indonsia Jakarta: Bina Aksara.

Zaim,Mohamad. (2018). “Peran Koperasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ekonomi Anggota (Studi Pada Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Li Falah Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol 3 No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v8i2.13534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/