PENGARUH BI 7-DAY (REVERSE) REPO RATE, INFLASI DAN KURS TERHADAP HARGA SAHAM PT UNITED TRACTORS YANG LISTING DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Dandi Ibnu Sutowo, Andri Soemitra, Aqwa Naser Daulay

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh BI 7-Day (Reverse) Repo Rate, Inflasi dan Kurs terhadap Harga Saham PT United Tractors Tbk secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan data time series. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan data BI 7-Day (Reverse) Repo Rate, Inflasi, Kurs, dan Harga Saham PT United Tractors Tbk dari Januari 2015 -Desember 2019. Dan teknik pengambilan sampel  menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data yaitu dengan menggunakan Software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial BI 7-Day (Reverse) Repo Rate berpengaruh negatif dan signifikan terhapad Harga Saham. Sedangkan Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Begitu juga dengan kurs berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama BI 7-Day (Reverse) Repo Rate, Inflasi, dan Kurs berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Kata Kunci : BI 7-Day (Reverse) Repo Rate, Inflasi, Kurs, Harga Saham


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Karim, Adiwarman. 2007. Ekonomi Makro Islami Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Herta Sumarto, Agus & Didik J Rachbini. 2010. Strategi Menguatkan Nilai Tukar Rupiah. Jakarta: Indef.

Kadek Suriyani, Ni & Gede Mertha Sudiartha. 2018. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Inflasi Dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia”. dalam E-Jurnal Manajemen unud. Volume 7 Nomor 6.

Mardiyati, Umi & Ayi Rosalina. 2013. “Analisis Pengaruh Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Studi Kasus Pada Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. dalam Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Volume 4 Nomor 1.

Mochamad Aziz, Roikhan. 2020. Ekonomi Islam Metode Hahslm. Sumatera Barat: Balai Insan Cendekia Mandiri.

Naf’an. 2014. Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Naser Daulay, Aqwa. 2018. Ekonomi Makro. Medan: Buku Diktat FEBI UINSU.

Nofiatin, Ike. 2013. “Hubungan Inflasi, Suku Bunga, Produk Domestik Bruto, Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Periode 2005–2011”, dalam Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 11 (2).

Putu Lilis Indiani, Ni & Sayu Kt Sutrisna Dewi. 2016. “Pengaruh Variabel Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Harga Saham Perbankan Di Bursa Efek Indonesia”, dalam e-Jurnal Manajemen Unud. Volume 5 Nomor 5.

Rahmawati, Fitri Dan Nirmala Baini. 2019. “Dampak Variabel Makro Ekonomi Domestik Dan Global Terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode Mei 2011-Mei 2019” dalam Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Voume 4 Nomor 1.

Rahardja, Pratama & Mandala Manurung. 2008. Pengatar Ilmu Ekonomi (mikroekonomi dan makroekonomi) edisi ketiga, Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Ratna Marisa Ginting, Maria dkk. 2016. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Pada Sub-Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)”. dalam Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 35 Nomor 2.

Rendy Tumundo, Sandi dkk. 2020. “Pengaruh Suku Bunga Reverse Repo Rate Dan Inflasi Terhadap Return Saham: Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018”. Dalam Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah. Volume 15 Nomor 1.

Rezeki Harsono, Ardelia & Saparila Worokinasih. 2018. “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)”. dalam Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 60 Nomor 2.

Samri Juliati Nasution, Yenni. 2015.“Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara” dalam Jurnal Human Falah. Volume 2 Nomor 1.

Samsul, Mohamad. 2015. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Soemitra, Andri. 2018. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Soemitra, Andri. 2014. Masa Depan Pasar Modal Syariah Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Suci Kewal, Suramaya. 2012. “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Kurs, Dan Pertumbuhan PDB Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan” dalam Jurnal Economia. Volume 8 Nomor 1.

Syahbudi, Muhammad. 2018. Ekonomi Makro Perspektif Islam. Medan: Buku Diktat FEBI UINSU.

Zuhdi Amin, Muhammad. 2012. “Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga Sbi, Nilai Kurs Dollar (USD/IDR), dan Indeks Dow Jones (DJIA) terhadap Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Periode 2008-2011)”. dalam Jurnal Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v8i1.11034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/