PERAN HOME INDUSTRI EMPING MELINJO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU RUMAH TANGGA (Studi Kasus: Desa Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun)

Leni Lestari Simatupang, Zuhrina M. Nawawi, Muhammad Syahbudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bahwa adanya peran home industry emping melinjo yang ada di Desa Purbaganda  dalam mencari tahu hasil pendapatan ibu rumah tangga sebelum dan sesudah bekerja di home industry emping melinjo  di Desa Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam (indepth interview) dan metode campuran T-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Metode Campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan ekonomi antara ibu rumah tangga yang bekerja sehingga mereka bisa membantu perekonomian keluarga mereka demi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun yang lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan uji t (paired sample t test), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah di dalam peran home industry. Untuk melihat nilai t-tabel maka didasarkan pada derajat kebebasan (dk), yang besarnya adalah N-1, yaitu 24-1 = 23. taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = -1,714. Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu ttabel yaitu -6.166 > -1.714 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada Pengaruh Peran Home industry dalam Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Ananda, Riski. Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Kepirik di Kelurahan Kubu Gadang). Dalam Jurnal JPM FISIP Vol. 3 No. 2 Oktober 2016.

Bi Rahmani, Nur Ahmadi. Metode Penelitian Ekonomi, Medan: FEBI UINSU Press, 2016.

Creswell, Jhon. Research Design : Pendekatan Kualitaif, kuantitatif, dan Mixed Edisi ke-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Imsar. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Di Indonesia Periode 1989-2016. Human Falah. 2018.

Montolalu, Chriestie E.J.C. dkk. Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T berpasangan (Paired Sample T-test). Dalam Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN, Vol. 7, No.1, Maret 2018.

Nawawi, Zuhrinal. Kecenderungan Masyarakat untuk Berwakaf Tunai (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Sumatera Utara). Media Syariah. 2011.

Syahbudi, Muhammad. dkk. Mewujudkan Masyarakat Yang Sadar Investasi Syariah (Studi Persepsi Masyarakat Kota Medan), Ilmu Ekonomi dan Keislaman. 2019.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v7i2.10606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/