ANALISIS KEBERADAAN WISATA KULINER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA BAGAN PERCUT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Dita Zakia Rahmah Siahaan, Isnaini Harahap, Rahmi Syahriza

Abstract


Wisata kuliner termasuk pada pariwisata global. Riset ini memiliki tujuan guna mengetahui keadaan wisata kuliner di desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan, mengetahui kondisi pendapatan masyarakat desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan dan ketiga mengenai peran keberadaan wisata kuliner dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Studi berlangsung di Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Studi memakai pendekatan kualitatif deskriptif serta penghimpunan datnya memakai teknik observasi, teknik wawancara serta teknik dokumentasi. Temuan riset ini dikonklusikan bahwasanya gambaran kondisi wisata kuliner selaras terhadap standarisasi destinasi wisata, yang memenuhi “something to see” yakni objek serta daya tarik khusus yang mampu ditinjau, misalnya keindahan alam. “something to do” merujuk pada terdapatnya fasilitas pendukung yang ditujukan untuk wisatawan melaksanakan sejumlah kegiatan. “something to buy” merujuk pada terdapatnya fasilitas untuk berbelanja misalnya makan di restoran serta melakukan pembelian atas hasil tangkapan laut di tempat pelelangan ikan. Berikutnya, ada pembeda di taraf penghasilan, sebelum terdapatnya wisata kuliner Bagan Percut mayoritas penduduk memiliki penghasilan yang tak menentu dan kondisi berubah setelah hadirnya wisata kuliner. Terakhir merujuk pada objek wisata kuliner Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan masyarakat sebab telah menyerap kebutuhan atas tenaga kerja, memberikan keuntungan serta sebagai pihak yang menyediakan peluang bekerja lapangan sekaligus peluang usaha penduduk lokal yang berimplikasi pada meningkatnya penghasilan yang dapat dipergunakan bagi pemenuhan kebutuhan harian

Full Text:

PDF

References


Bi Rahmani, Nur Ahmadi. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UINSU PRESS, 2016.

Dimyanto, Ahmad. Usaha Pariwisata, (Jakarta, 2003).

Harahap, Isnaini. dkk. Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta : Prenadamedia Group, 2015.

Judisseno, Rimsky K Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Kasmir, Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Long, Lucy M. Wisata Kuliner, The University of Kentucky Press, 2004.

M. A. Mannan, Islamic Economic, Theory and Practice, (Delhi: Idarah –I Adabiyat-I Delli,1980.

Michael P. Todaro dan Stephen C. Smith. Economic Depelophment (Terj). Pembangunan Ekonomi, Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2006.

Imsar. Analisis Produksi Dan Pendapatan Usaha Tani Kopi Gayo (Arabika) Kabupaten Bener Meriah (Studi Kasus : Desa Pantan Tengah Kecamatan Permata). Medan, 2018 http://repository.uinsu.ac.id/5091/ (Diakses 27 Januari 2021).

Syahriza, Rahmi. Pariwisata Berbasis Syariah (Telaah Makna Kata Sara dan Devisanya dalam Al-Quran), HUMAN FALAH: 1(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v7i2.10605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/