ANALISIS LAYANAN E-TICKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN HOTEL SYARIAH GRAND JAMEE MEDAN

Cut Nurul Azizah, Fauzi Arif Lubis, Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis layanan e-ticketing dalam meningkatkan pendapatan Hotel Syariah Grand Jamee Medan sebelum dan sesudah bekerja sama dengan pihak e-ticketing. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada pihak hotel dan tamu hotel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, analisis layanan e-ticketing yang diperoleh oleh Hotel Syariah Grand Jamee sesudah menggunakan e-ticketing sebesar 26 % jika dikalkulasikan dari tahun 2014 hingga 2019. Ini menunjukkan bahwa capaian target yang diharapkan pihak hotel masih sangat rendah. Berdasarkan hasil wawacara yang dilakukan bahwa ini diakibatkan karena pihak hotel yang masih enggan untuk bekerja sama dengan beberapa pihak travel agent dan pada tamu hotel itu sendiri tedapat beberapa kendala diantaranya kemudahan akses karena sebagian besar tamu hotel tersebut adalah tamu yang sudah dikategorikan dewasa akhir dimana mereka kurang mengerti pengoperasian dalam memesan kamar hotel memalui online dan kendala selanjutnya yang ditemukan oleh penulis adalah dari segi promosi yang dilakukan oleh pihak hotel masih sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa kontribusi yang didapat oleh pihak hotel dari penggunaan e-ticketing masih sangat rendah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Bi Rahmani, Nur.” Metodologi Penelitian Ekonomi”, Medan: Febi UIN-SU Press, 2016

Amijaya, Rizky Gilang. “Pengaruh Presepsi Teknologi, Kemudahan Resiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi kasus pada Nasabah Bank BCA) Skripsi, Universitas Diponegoro, 2010

Alma, Buchari,“ Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, Bandung: Alfabeta, 2013

Akmal Tarigan, Azhari Dkk “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam”, (Medan: La-Tansa Press, tahun)

BN. Marbun,“Kamus Manajemen”Jakarta:Pustaka Sinar Harapan, 2003

Arif Fauzi Lubis, Diktat Pengantar Ilmu Ekonomi 2018, (buku diktat, tidak diterbitkan)

Ifham Solihin,’’Buku pintar ekonomi syariah’’ Jakarta: Kompas Gramedia Building, 2010

Imsar, Muhammad,” Ekonomi Mikro Islam II: Permintaan, Penawaran Dan Keseimbangan Pasar “(buku diktat, tidak diterbitkan)

Joaquin Garcia-Alfaro, dkk.’’Data Privacy Management And Autonomous Spontaneous Security’ ’London New York. Verlag Berlin Heidelberg, 2011

J. Lexy Moeleong, Metodologi peneltian kualitaif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006

Juliansyah Noor,”Metodologi Penelitian: Skripsi,Tesis,Disertasi,dan karya ilmiah Jakarta: Kencana, 2011

Kunawangsih pracoyo, Tri dan Antyo Pracoyo. “Aspek Dasar Ekonomi Mikro”, Jakarta: PT. Grasindo, 2006

Kunawangsih pracoyo, Tri dan Antyo Pracoyo. Aspek Dasar Ekonomi Mikro, Jakarta :PT. Grasindo, 2006

Nurbaiti, Sistem informasi keuangan/ perbankan (Buku diktat, tidak diterbitkan)

Rezeky,M.“Analisis Penerapan Konsep Bisnis Syariah Pada Hotel Syariah (Studi Kasus Pada Hotel Grand Darussalam Syariah)” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2017

Rosyadi,Imron.”Jaminan Kebendaan Berdasrkan Akd Syariah (Aspek Perikatan Produser Pembebanan dan Eksekusi) Hak Tangguangan, Jamninan Firdaus, Gadai Saham, Hipotek Kapal Laut“ (Depok: Kencana)

Soekanti, “Faktor-faktor produksi”Jakarta:Salemba 3mpat,2002

Susanto,“Hotel Properties Act dalam Manajemen Penyelenggaraan Hotel”,Jakarta:Salemba Empat, 2005

Sujatno, Bambang “Hotel Coursety”, Yogyakarta:Andi Yogyakarta, 2008

Sugiarto, E. Hotel Front Office Administrasion,

Tjiptono, Fandi. “Strategi Pemasaran” Yogyakarta: Andy Offset, edisi 2, 2010

Ahmad Fauzi Paturisi, Implementasi E-Ticketing Pada Penjualan Tiket PT. Putramaju Global Indonesia, Skripsi, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019

Putri Wulandari, Pengaruh Perubahan Pendapatan Penjualan Tiket Pesawat dan Kapal Pelni Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Pada PT. Pesona Bintan Tours & Travel, Skripsi, Ekonomi, Maritim Ali Haji, 2013

Donni Parulian Clark Kent Lumban Toruan, Implementasi Kebijakan PT. Kereta Api Indonesia Dalam Pelayanan Penjualan Tiket Kereta Api, Skripsi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung, 2016

Putri Chairunnisa, Analisis Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Pada Hotel yang Berkonsep Syariah di Kota Medan, Skripsi, Ekonomi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Artika suniandari, Pengaruh Penerapan E-Ticketing terhadap tingkat Kepuuasan Dan Loyalitas Pengguna Jasa Kereta Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 25 No.1 tahun 2017

Imsar,”Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Kopi Gayo ( Arabika) Kabupaten Bener Meriah. (Studi Kasus: Desa Pantan Tengah Kecamatan Permata)”, Laporan Penelitian 2018 h,27

Setiawan, E. B,’’Analisis pengaruh nilai teknologi informasi terhadap keunggulan bersaing perusahaan (studi kasus pemanfaatan e-tiketing terhadap loyalitas pengguna jasa kereta api’,. Jurnal Sains dan Teknologi Industri, No 12(2)

Venkatesh, V dan F.D. Davis.“A Theoritical Extension of The Technology Acceptance Model = Four Longitudinal Fields Studies ” Management Science Vol. 46, No. 2, Februari, 2000

Kurniawan,Aris“Pengertuan Pendapatan-Konsep, Jenis, Sumber, Karakteristik, Pengukuran,KriteriaParaAhlihttps://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendapatan/. Diunduh pada tanggal 13 Maret 2020, Jam 23.27

Muhammad Irwan padli Nasution (ed.), “Face Recognition Login Authentication for Digital Payment Soution at COVID-19 Pandemic” (Medan: Konferensi International tentang Teknik Komputer dan Informatika, 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v7i2.10604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/