PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN GENDER DI KALANGAN MAHASISWA

Eva Sahriani Sikumbang, Indah Aulia Pratiwi Saragih, Putra Apriadi Siregar, Indah Fadillah, Lily Rahmanda, Radha Agri Br.Ginting, Ruqayah Salsabila Parapat, Sumi Fitri Winanti

Abstract


Pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perkembangan gender di kalangan siswa menyoroti peran penting interaksi sosial dalam membentuk peran dan sikap gender, yang berdampak pada hubungan masa depan dan pilihan karier. Studi ini mengkaji dampak kelompok teman sebaya terhadap perkembangan gender di kalangan siswa, dengan fokus pada bagaimana norma dan harapan sosial mempengaruhi identitas dan ekspresi gender. Pengaruh kelompok sebaya terhadap perkembangan gender di kalangan siswa dieksplorasi melalui pendekatan studi kasus, yang memberikan analisis mendalam tentang pengalaman siswa dalam lingkungan pendidikan tertentu. Teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan mahasiswa, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan dan minat investasi. Penelitian ini menyelidiki dampak kelompok teman sebaya terhadap perkembangan gender di kalangan siswa, dengan fokus pada cara interaksi sosial memengaruhi identitas gender, peran gender, dan sikap gender. Penelitian ini mengkaji pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan seksual mahasiswa. Teman sebaya memainkan peran penting dalam memahami dan mengekspresikan gender selama perkembangan dewasa muda. Faktor-faktor seperti tekanan sosial, identifikasi kelompok, dan norma gender di lingkungan kampus dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku gender mahasiswa. Penelitian ini mengkaji bagaimana interaksi teman sebaya mempengaruhi konsep diri, citra tubuh, serta preferensi dan perilaku seksual mahasiswa. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup rancangan program dan intervensi pendidikan yang bertujuan membantu mahasiswa mengembangkan identitas gender yang sehat dan positif.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Pramanasari, S. F. Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kematangan karier mahasiswa perantau. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8), 542-555. (2019).

Kristina, M., Elvinawati, R., & Mailani, L. Perbedaan gender dalam kecenderungan untuk berkonformitas pada siswa sma Raksana Medan. Psikologia, 8(1), 12-18. (2013).

Mitra Sari. Peran teman sebaya dalam membentuk kepribadian siswa Mi Ma'arif Singosaren Ponorogo. Skripsi. 2019.

Rahayu, R. D., & Wigna, W. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat terhadap Persepsi Gender Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan (Kasus Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA Tahun Masuk 2009). Jurnal Penyuluhan, 6(2). 2010.

Sasongko. Sri sundari. Konsep dan Teori Gender. Cetakan Kedua. Jakarta: Pusat Pelatihan Gender dan Peningkatan Kualitas Perempuan. (2009).

Yusuf, Syamsu LN. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (2009)

Dr.musrifah, M.A , Psikologi perkembangan dan peran gender. Nasya Expanding Manajemen. (2023).

Dudi Hartanto, Modul Cetak Bahan Ajar Psikologi Keperawatan. (Kemenkes : 2018)

Pradhan, D., Mohapatra, T., & Mohapatra, S. Peer group influence on gender identity formation among college students. Journal of Psychosocial Research, 16(2), 281-293. (2021).

Putra, A. P., Iman, M. I. N., Pane, S. A. F., & Pane, N. H. A. U. Kerentanan Stres Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dalam Menghadapi Model Pembelajaran SCL (Student Centered Learning). Educate: Journal of Education and Learning, 2(1), 1-9. (2024).

Kornienko, O., Santos, C. E., Updegraff, K. A., & Zheng, X. Gender role attitudes and gender-typed behavior: The roles of peer networks and cultural contexts. Journal of Youth and Adolescence, 52(3), 437–451. (2023).

Zosuls, K. M., Andrews, N. C., Martin, C. L., England, D. E., & Field, R. D. Peers and gender-related experiences in adolescence. Child Development Perspectives, 15(2), 96- 102. (2021).

Dede Wiliam-de veries, gender bukan tabuh catatan perjalanan fasilitas kelompok Perempuan di jambi (2006).

Rahayu, R. P., Takwin, B., & Poerwandari, E. K. Support from peers and lecturers in the process of gender identity development among transgender and non-binary college students in Indonesia. Jurnal Psikologi, 49(1), 71-84. (2022).

Sari, D. L., Pujiati, P., & Rahmah Dianti Putri, R. Literasi Keuangan Mahasiswa Ditinjau dari Gender, Teman Sebaya, dan Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education And Entrepreneurship Journal (2020) 3 (1): 1-9 p-ISSN: 2579-5902 e-ISSN: 2775-2607, 3(1), 1-9. (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jgsims.v5i2.20273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. Williem Iskandar, Pasar V Medan, Medan Estate 20371
» Tel / fax : (061) 6615 683 /

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.