Analisis Teori Hukum Maslahah Al - Mursalah Terhadap Urgensi Penyempurnaan Kategori Tindakan Kekerasan Perspektif Permendikbud No. 82/2015

Nispul Khoiri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pustaka dalam pendekatan normatif (usul fikih) terfokus kepada teori hukum Maslahah al – Mursalah, guna mengurai, menganalisi dan menggungkapkan nilai – nilai kemaslahatan terhadap penyempurnaan Permendikbud No 82 tahun 2015 tentang PPKSP terkait dengan kategori tindakan kekerasan di satuan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan penyempurnaan Permendikbud No 82 tahun 2015 tentang PPKSP perspektif Maslahah al – Mursalah, dipandang menjadi kebutuhan dan tuntutan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Penyempurnaan kategori tindakan kekerasan dengan mengakomodir faktor diskriminasi - intoleransi, faktor salah kebijakan, dan faktor kekerasan Informasi, teknologi dan komunikasi. Faktor – faktor ini juga dipandang pemicu tingginya kekerasan di sekolah. Dalam analisis Maslahah al – Mursalah, penyempurnaan Permendikbud masuk dalam kategori peringkat dharuriyah, jika tidak ada penyempurnaan Permendikbud akan dapat mengancam lima unsur pokok (agama, jiwa, akal, keturunan dan harta). Kemudian kemaslahatan ini adalah kemaslahatan benar – benar diyakini sebagai maslahat, tidak didasarkan kepada dugaan semata. Kemaslahatan penyempurnaan Permendikbud berlaku secara umum dan kolektif guna mencegah dan menanggulangi kekerasan pada satuan pendidikan di Indonesia.


Keywords


Usul Fikih, Penyempurnaan, Pencegahan, Penenanggulangan, Satuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim Zaidan, al – Wajiz Fi Ushul al – Fiqh (Baghdad: al – Dar al – Arabiyah Littiba’ah, 1977) Cet. VI.

Abdul Wahab Khallaf, Ilmu Ushul Fikih (Jakarta: al-Majlis al-A’la al-Indonesia li al-Da’wat al-Islamiyah, 1972)

Al – Ghazali, al – Mustasfa (Mesir: Maktabah al – Jumdiyah, 1971)

Amir Syarifuddin, Usul Fikih, Jilid 2 (Jakarta: Kencana, 2008)

Fathurrahman Djamil, Filsafat Hukum Islam (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997)

Jalaluddin Abdurrahman, al – Masalih al – Mursalah wa Makanatuha Fi al – Tasyri, (Mesir : Matbaah al – Saadah, 1983).

Muhammad Abu Zaharah, Ushul al-Fikih (Beirut : Dar al-Fikr, 1958) Cet. 1

Muhammad Abu Zahrah, Ibn Taimiyah Hayatuh wa Asruh, wa Arauh wa Fiqhuh (Mesir : Dar al – Fikr al – Arabii, t.t)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 82 tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan

Romli, Muqaranah Mazahib Fil Ushul (Jakarta : Gaya Media Pratama, 1999)

Taha Jabir al – Alwani, Metodologi Hukum Islam Kontemporer (Terj. Yusdani) (Yogyakarta : UII Press, 1994)

Zaki al – Din Sya’ban, Usul al – Fiqh al – Islami (Mesir: Matbaah Dar al – Ta’lif, 1965)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jgsims.v2i2.18802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. Williem Iskandar, Pasar V Medan, Medan Estate 20371
» Tel / fax : (061) 6615 683 /

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.