PEMBINAAN KEPRIBADIAN ISLAMI DAN SOLIDARITAS SOSIAL REMAJA

Lilik Sriyanti, Lili Rijki Ramadhani

Abstract


Abstrak

Era informasi dan globalisasi membawa perubahan hidup manusia, baik perubahan positif maupun negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah terjadinya dekandensi moral di kalangan remaja. Saat ini kenakalan remaja terus terjadi dari waktu-ke waktu. Dibutuhkan upaya sistemik untuk menekan perilaku menyimpang di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan mengungkap pembinaan keagamaan dan solidaritas sosial remaja dari suatu wilayah di kabupaten Semarang yang pada masyarakatnya peduli terhadap kehidupan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis  dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan remaja sebagai informan. Analisis konten  digunakan sebagai teknik analisis data menggunakan teori psikologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembinaan kepribadian islami remaja dilakukan melalui kegiatan keagamaan yaitu: kegiatan Taman Pendidikan Al Qur an (TPA), pengajian rutin malam Jum’at, kegiatan mujahadah, Yasinan. Melalaui kegiatan ini remaja menunjukkan perilaku yang lebih islami dibanding perilaku remaja era sebelumnya  (2) Solidaritas sosial remaja dikembangkan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan, kerja bakti, anjang sana kegiatan pengajian, karangtaruna, santunan anak yatim dan kaum dhuafa (3) Faktor pendukung keberhasilan pembinaan kepribadian islami adalah adanya kerja antara perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dukungan dari keluarga, sarana prasarana yang mewadai.

 

Abstract

The era of information and globalization brings changes in human life, both positive and negative changes. One of the negative impacts is the occurrence of moral decadence among adolescents. Currently juvenile delinquency continues to occur from time to time. Systemic efforts are needed to suppress deviant behavior among adolescents. This study aims to reveal the religious development and social solidarity of adolescents from an area in Semarang district which in the community cares about the lives of adolescents. This study uses a phenomenological qualitative approach involving religious leaders, community leaders and youth as informants. Content analysis is used as a data analysis technique using psychological theory. The results showed that (1) the development of the Islamic personality of adolescents was carried out through religious activities, namely: Al-Qur'an Education Park (TPA) activities, regular Friday night recitations, mujahadah activities, Yasinan. Through this activity, teenagers show more Islamic behavior than the behavior of teenagers in previous eras (2) Youth social solidarity is developed through social activities, community service, recitation activities, youth organizations, compensation for orphans and poor people (3) Supporting factors for the success of personality development Islam is the existence of work between village officials, religious leaders and community leaders, support from the family, infrastructure facilities that are in charge.


Keywords


Pembinaan, Kepribadian islami, Solidaritas sosial, Remaja

Full Text:

PDF

References


Bandura, Albert. 1997. Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc., New Jersey

Cheming, Abdulloh. 2018. Konsep Ibn Khaldun Tentang Dakwah dan Solidaritas Sosial dalam Kitab Muqoddimah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Desyana. 2015. Solidaritas Sosial Antar Pedagang Buah di Pasar Segiri Samarinda . Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Fatmawati. 2016. Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepeibadian Islam Bagi Remaja. Jurnal RISALAH. Vol. 27, No. 1.

Fitriani, Diana. 2020. Pembinaan Kepribadian Muslim pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Asna Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

F

itriyah, Wafiatul. 2019. Solidaritas Sosial Bagi Generasi Milenial (Studi pada Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya). Skripsi. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hantono, Dedi. 2018. Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial pada Ruang Terbuka Publik. Junal Nature. Vol 5, No 2.

Harahap, Ainun Mardia. 2019. Pembentukan Kepribadian Muslim dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Keislaman. Volume 6 edisi1.

Harahap, Nova Andriani. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Solidaritas Sosial Keagamaan Masyarakat Dusun II Huta Lambung Kecamatan Angkola Barat. Skripsi, IAIN Padangsimpuan.

Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta: PT. Indeks.

Jalaludin. 2000. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Jannah, Miftahul. 2016. Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangannya dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia. Vol. 1, No. 1.

Jones. 2009. Pengantar Teori-Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jumantoro, Totok. 2001. Psikologi Dakwah dengan Aspek-aspek Kejiwaan yang Qur’ani. Yogyakarta: Amzah.

Khulaisie, Rusdiana Navlia. 2016. Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil. Jurnal Reflektika. Vol. 11, No 11.

Kurt Lewin M. Keller. 1970. Instructional Design Theory and Models: An Overview Of Their Current Status, Charles M. Reguluth (ed), Lawrance Erlbaum Associates, London.

Lubis, Amir Hamzah. 2016. Pendidikan Keimanan dan Pembentukan Kepribadian Muslim. Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 1.

Manan, Syaepul. 2017. Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 15, No. 1.

Maolani, L. 2003. Pembinaan Moral Remaja Sebagai Sumberdaya Manusia di Lingkungan Masyarakat. Bandung: PPS UPI.

Mochtar, Toni. 2019. Proses Pembentukan Sikap Tawadhu’ Anak Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Adh-Dhuha Sukoharjo. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Muhlisin, Ahmad Sholeh. 2019. Pembentukan Karakter Remaja Melalui Pembinaan Remaja Islam Masjid (RISMA) Aththahirin Dusun Bandar Setia Bandar Agung Kecamatan Bandar Agung Negeri Suoh Lampung Barat. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

N. Funay, Yaspis Edgar. 2020. Indonesia dalam Pusaran Masa Pandemi: Strategi Solidaritas Sosial berbasis Nilai Tradisi Lokal . Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), Vol.1, No. 2, 107-120.

Oktawati, Winda. 2017. Kenakalan Remaja Di Desa Sungai Paku (Studi Kasus SMP 4 Kampar Kiri Kabupaten Kampar). Jurnal Jom FISIP. Volume 4 No. 2.

Pitoewas, Berchah. 2018. Pengaruh Lingkungan Sosial dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol 3 No 1.

Purwati, Eni. 2014. Pendidikan Karakter. Surabaya: Kopertais IV Press.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, dkk. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: Riset & PKM. Vol. 3. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jgsims.v2i2.11185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jl. Williem Iskandar, Pasar V Medan, Medan Estate 20371
» Tel / fax : (061) 6615 683 /

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.