Efektivitas Media Online Bagi Pendidikan Di Era Covid-19

Apriani Harahap, Anita Dwiana Nasution, Fikri Ismail

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penanganan masalah dari dampak pandemic covid-19. Yang dimana dunia pendidikan juga harus melakukan metode pendidikan yang berbeda dengan sebelum adanya covid-19 ini yaitu  melaksanakan metode pembelajaran melalui Media Online. Tujuan dari penelitian ini adalah seberapa efektifitas media online bagi pendidikan di Era Covid ini yang digunakan selama perkuliahan oleh Dosen dan Mahasiswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 25 mahasiswa dari beberapa universitas dan jurusan yang berbeda-beda, objeknya adalah dunia pendidikan. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah Kuantitatif Pre Eksperimental, dapat diartikan sebagai penelitian yang mendekati eksperimen atau bisa disebut eksperimen semu yang dimana jenis desain yang digunakan adalah jenis Angket yaitu suatu jenis teknik yang digunakan untuk mengetahui respon objek mengenai yang diteliti untuk mendapatkan hasil penelitian.

Keywords


Media; Online; Hasil Belajar; Pendidikan; Covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2005. “Arti Kata Judi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Balai Pustaka.

FIP-UPI, Tim pengembangan ilmu pendidikan. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. PERTAMA. Pt. Imperial Bhakti Utama.

Handayani, Lina. 2020. “Keuntungan , Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani.” Journal Industrial Engineering & Management Research.

Hasan, Muhammad, Dkk. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonoi Di Masa Pandemi Covid-19. 1st ed. ed. Muhammad Hasan. cijerah kota bandung jawa barat.

Istiqomah, Puput, I Komang Werdhiana, and Unggul Wahyono. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu Dan Kalor Pada Siswa Kelas X Man 1 Palu.” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online).

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. baru. rineka cpta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.

Sulisworo, D. 2017. “Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan.” 9: 1.

Wantiknas. 2020. “Empat Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Menerapkan E-Learning.”

Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. 2006. “Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.” Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v26i2.9555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 An Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.