STRATEGI KOMUNIKASI PELAKU BISNIS ELECTRONIC COMMERCE (E-COMMERCE) DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS MITRA TOKOPEDIA DI MEDAN
Abstract
Perkembangan teknologi membawa perubahan lingkungan yang kemudian
menjadi masalah saat ini menimbulkan kekhawatiran berkepanjangan bagi para
pelaku bisnis. Mengoptimalkan pemasaran untuk menciptakan penjualan efektif.
Pemasar yang mencoba mempertahankan bisnis mereka pada masa pandemi
mengalihkan penjualan dari metode langsung ke sistem pemasaran daring. Sehingga
penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang
mendasar di antaranya adalah: Bagaimana Strategi Komunikasi pelaku bisnis
Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam pemulihan Ekonomi di masa
pandemi Covid 19?, Bagaimana Tantangan Strategi Komunikasi pelaku bisnis
Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam menarik konsumen di masa pandemi
Covid-19?, Adapun metode yang di gunakann adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Strategi komunikasi pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia)
dalam pemulihan Ekonomi di masa pandemi Covid 19 sesuai dengan macam strategi
komunikasi yang mana para pelaku bisnis telah menguasai segmen pasar yaitu
mampu melihat peluang dan kebutuhan pasar yang di butuhkan saat masa pandemi.
Tantangan pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam menarik
konsumen di masa pandemi Covid-19 yaitu persaingan antara para mitra tokopedia
yang menjual produk sama namun perbandingan harga yang berbeda, harus mampu
aktif dalam mengenalkan tokonya karena hal ini sangat mempengaruhi rating pada
toko, semakin sering live akan mengajak para konsumen untuk berkunjung dan
belanja. Adapun hambaatan lain secara teknisi adalah jaringan yang eror, respon
yang lambat antara kedua bela pihak maupun terdapat barang habis di tokonya.
Dalam konsep komunikasi Islam segala sesuatu interaksi sesama manusia pada
dasarnya dibolehkan, sejauh tidak ada dalil yang menentukan keharamannya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faisal Badroen, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Ismail, Nawari, Metodologi Penelitia, Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2015.
Julian Ding, E-Commerce: Law And Office, Malaysia: Sweet AndMaxwel Asia, 1999.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka, 2004
Melania Adelia, Implementasi Organisasi yang dinamis di Tokopedia pada era Covid 19, Jurnal SSRN Vol. 3 No. 2 Juni 6 2020
M Suryanto, Strategi periklanan pada E-Commerce perusahaan top Dunia, ANDI OFFSET:Yogyakarta, 2002
Niniek Suparni, Cyberspace problematika dan antisipasi pengaturannya. Jakarta: sinar grafika, 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v26i1.9466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 An Nadwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.