Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau

Aspan Ritonga

Abstract


Untuk membuktikan terdapat atau tidaknya pengaruh faktor demografi  khususnya terkait dengan gender, usia, pendidikan, lokasi usaha, jenis usaha, lama usaha, sumber modal usaha dan jumlah karyawan, terhadap tingkat literasi keuangan syariah dan dampaknya terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau diperlukan suatu kajian mendalam dalam bentuk penelitian. Peneliti telah menyebarkan angket untuk memperoleh gambaran variabel independen dalam hal demografi dan variabel dependen yakni tingkat literasi keuangan syariah serta variabel intervening terkait dengan pendapatan usaha. Data yang diperoleh secara kuantitatif deskriftif dengan instrumen kuisioner skala likert yang disebarkan kepada pelaku usaha mikro muslim di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau dianalisis dengan menggunakan data statistik mean, model regresi linier berganda dan regresi sederhana. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil bahwa tingkat literasi keuangan syariah pelaku usaha mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada kategori Sufficient Literate dengan rata-rata (mean) 2,2155 atau 58 persen dari total responden. Berdasarkan hasil uji Regresi linier berganda variabel demografi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap tingkat literasi keuangan syariah dengan (R2) sebesar 78,5 persen,  parsial hanya variabel usia, pendidikan, sumber modal usaha dan jumlah karyawan yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan syariah, sedangkan faktor gender, lokasi usaha, jenis usaha dan lama usaha tidak berpengaruh. Hasil uji Regresi sederhana menunjukkan dampak tingkat literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha dengan (R2) sebesar 3,9 persen, maknanya 1 persen kenaikan tingkat literasi keuangan syariah akan bertambah pendapatan usaha sebesar 3,9 persen.


Keywords


Demografi, literasi keuangan Syariah, dan pendapatan usaha.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmal, Huriyatul dan Yogi Eka Saputra; Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa FEBI IAIN Imam Bonjol Padang, (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), Volume I, Nomor 2.

Antonio M. Syafi’i, Muhammad (ed.). 2006. Bank Syari’ah: Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Yogyakarta : Ekonisia.

Antonio M. Syafi’i. 2001. Bank Syariah dan Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Azra Azyumardi, Kafrawi Ridwan, dkk (ed.). 2003. Ensiklopedi Islam Jilid I. Jakarta:PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Darsono, dkk. 2017. Perbankan Syariah di Indonesia, Kelembagaan dan Kebijakan serta Tantangan de Depan.Jakarta: Rajawali Pers.

Dewan Rahardjo. 1999. Islam dan Transformasi Sosial Ekonomi. Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat.

Diana Djuwita dan Ayus Ahmad Yusuf; Tingkat Literasi Keuangan Syariah di Kalangan UMKM dan Dampaknya terhadap Perkembangan Usaha, http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/2837, diakses pada Rabu tanggal 3 April 2019 jam 19.59 WIB.

Djalal Nachrowi dan Hardius Usman. 2002. Penggunaan Teknik Ekonometrika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-OJK-Indeks-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat/pdf diakses pada Rabu, 03 April 2019, Jam 20.37 WIB.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Khotibul Umam. 2016. Perbankan Syariah; Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

KuncoroMudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Erlangga.

Mansur. 2016. Modul Praktikum EVIews: Analisis Regresi Linier Berganda Menggunakan Eviews. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur.

Muhammad Akhyar Adnan, dkk ; Pemahaman dan Akseptansi Para Bankir Bank Syariah dan Manajemen Lembaga Keuangan Syariah Terhadapa Pendekatan Economic Value Of Time untuk Produk Mrabahah” Kiat Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Fak, Ekonomi UIR, Vol 23 No.2 Desember 2014.

Mustika Widowati dan Winarto; “Literasi Keuangan Pelaku UMKM Kota Semarang”,http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/infak diakses pada Rabu tanggal 3 April 2019 jam 19.50 WIB.

Narbuko Cholid & Achmadi A. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurul Huda, dkk. 2016. Ekonomi Makro Islam; Pendekatan Teoritis. Jakarta : Prenadamedia Group.

Setiawan & Dwi Endah Kusrini. 2010. Ekonometrika. Yogyakarta: CV. Andika Offset.

Soetiono. S Kusumaningtuti dan Cecep Setiawan. 2018. Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia, Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Supriadi, J. 2010. Ekonometrik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supriady Edy. 2014. SPSS + AMOS. Jakarta: Inmedia.

Susie Suryani dan Surya Ramadhan;“Analisis Literasi Keuangan Pada Pelaku

Syahza Almasdi. 2014. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UR Press.

Trianto Budi. 2015. Riset Modeling. Pekanbaru: Adh-Dhuha Institute.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Usaha Mikro di Kota Pekanbaru”, https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/67/3, diakses pada Rabu, 3 April 2019 jam 20.16 WIB.

WidarjonoAgus. 2010. Analisis Statistik Multivariat Terapan dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS. Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Yosal Iriantara. 2009. Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v26i2.7295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 An-Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.