Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Dakwah Pada Era Digital : Study Literature Review

Rahmi Wahyuni, Siti Rahma Harahap

Abstract


Era teknologi memberikan banyak perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk perubahan pada kegiatan dakwah. Kegiatan dakwah saat ini banyak ditemukan diberbagai media sosial, sebagai bentuk pemanfaatan teknologi yang dilakukan para da’i. Namun yang menjadi pemaslahan adalah bagaimana efektivitas penggunaan media sosial sebagai media dakwah. Pendekatan tinjauan literatur sistematis adalah strategi penelitian yang digunakan. Sumber data diperoleh dari Google Scholar dan Crossref dengan rentang waktu tahun 2013–2023. Kemdian VOSviewer dan aplikasi Publish or Perish (PoP) digunakan sebagai alat analisis data. Hasil study literature  yang dilakukan ditemukan 3600 artikel dengan 9 kata kunci yang digunakan dan 3480 diantaranya relevan dengan tema penelitian setelah dilakukan exclude and include keywords. Kemudian berdasarkan hasil analisis Vosviewer menunjukkan bahwa media sosial adalah media dakwah yang banyak digunakan da’i untuk menyampaikan pesan dakwah sejak tahun 2019 sampai sekarang. Diantara media sosial yang digunakan adalah Facebook, Instagram, Tiktok dan Youtube. Selanjutnya dari hasil analisis yang dilakukan pada beberapa hasil penelitian terdahulu media sosial efektif digunakan sebagai media dakwah. Namun harus tetap memperhatikan kualitas da’i, pengemasan pesan dan metode dakwah yang digunakan, serta frekuensi dan intensitas yang dilakukan tinggi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Avifah, N. (2017). Efektivitas Dakwah Islam Melalui Sosial Media Instagram (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(2), 223–237. https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i2.2743

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. Komunika, 11(2).

Farida, A., Saputri, Y., & Fauziyah, R. (2021). Metode Dakwah rasulullah dan Relevansinya dengan Tantangan Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Faridah, F., Zulkarnain, Yusuf, M., & Asriadi. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Instagram dalam Pandangan Kaum Milenial. Retorika: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 138–150.

Ghofur, A. (2019). Dakwah Islam di Era Milenial. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(2).

Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah dalam Arus Perkembangan Media Sosial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 7(1).

Maulana, I., Saefullah, C., & Sukyat, T. (2018). Dakwah di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(3), 258–274. https://doi.org/10.15575/tabligh.v3i3.675

Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906

Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666

Noradilah, A. W., Najmi, M., & Mohd Sani, I. (2019). Media Sosial Sebagai Medium Dakwah Masa Kini (Social Media As a Medium Dakwah Nowadays ). International Social Science and Humanities Journal, 2(1), 14–23. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Noradilah_Abdul_Wahab/publication/340861392_MEDIA_SOSIAL_SEBAGAI_MEDIUM_DAKWAH_MASA_KINI_SOCIAL_MEDIA_AS_A_MEDIUM_DAKWAH_NOWADAYS_1_NORADILAH_ABDUL_WAHAB/links/5ea13c32a6fdcc88fc36297c/MEDIA-SOSIAL-SEBAGAI-MEDIUM-DAKWA

Putri, D. I., Nasichah, & Rahmatullah, R. S. (2022). Efektivitas Dakwah di Media Sosial pada Akun Youtube: Oki Setiana Dewi. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 98–109.

Supratman, S. H., & Suhendi, H. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keberagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Isla (JRKPI), 2(1), 9–14.

Syaifuddin, & Muhid, A. (2021). Efektifitas Pesan Dakwah di Media Sosial Terhadap Religiusitas Masyarakat Muslim Analisis Literature Review. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(1), 17–28.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information (IJIS), 1(2).

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 339–356.

Yaman, A., Yoganingrum, A., Yaniasih, & Riyanto, S. (2019). Tinjauan Pustaka Sistemati pada Basis Data Pustaka Digital: Tren Riset, Metodologi, dan Coverage Fields. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(1), 1–20.

Zahra, U. F., Sarbini, A., & Shodiqin, A. (2016). Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 60–88. https://doi.org/10.15575/tabligh.v1i2.26




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/an-nadwah.v29i2.18571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Rahma Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.