Analisis Pendekatan Trait and Factor Pada Karir Siswa Sekolah Menengah Atas

Erwita Ika Violina, Rafael Lisinus Ginting

Abstract


Pendidikan ialah suatu proses penting dalam mencapai tujuan dan cita-cita siswa. Maka pelaksanaan pendidikan diharapkan menjadi langkah dalam menambah pengetahuan mengenai informasi yang menunjang karir siswa. Namun beberapa siswa SMA bingung dalam menetapkan karirnya Beranjak dari hal tersebut peran oleh guru BK sangat diperlukan karena berkaitan dengan bidang keilmuan pada bimbingan konseling karir. Pelaksanaan layanan konseling karir oleh guru BK dapat dilakukan dengan pendekatan-pendekatan teori karir salah satunya adalah Trait and factor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas Trait and factor pada karir siswa SMA.

Metode penelitian ini ialah critical review dengan menggunakan 10 jurnal internasional dan nasional yang di dapatkan melalui laman ScienceDirect, Garuda, Google Scholar dengan kriteria tahun 2016-2023. Hasil penelitian ini ialah pendekatan trait and factor dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling efektif dalam membantu karir pada siswa Sekolah Menengah Atas. Trait and factor membantu siswa agar paham terhadap potensi dirinya dan dunia pekerjaannya sehingga potensi yang dimiliki siswa dan pekerjaan yang dipilih sesuai.

Keywords


Trait dan Faktor; Karir; Siswa; Sekolah Menengah Atas; Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afdal. (2019). Kompetensi Bimbingan Karir Kolaboratif Konselor SMA Negeri di Kota Payakumbuh Sumatera Barat. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2).

Agungbudiprabowo, A., Auliyah, S. R., & Eka, W. N. (2022). The effectiveness of approach group counseling services traits and factors to increase maturity student career. 10(3), 92–97.

Agustina, N., Nurmaisara, o., A. (2017). Upaya Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 195–200.

Atli, A. (2016). The Effects of Trait-factor Theory Based Career Counseling Sessions on the Levels of Career Maturity and Indecision of High School Students. 4(8), 1837–1847. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040813

Fathul Rahma., A. Muri Yusuf ., A. (2020). Bimbingan Dan Konseling Karir Di Perguruan Tinggi. Mau’izhah, 10(1), 219. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.52

Garriott & T. O’Brien. (2017). Career Interventions for High School Students: Reviewing Trait and factor Theories. Career Development Quarterly, 65(3).

Hasanah, NU., Prianggita, V. (2020). Utilization of Trait and factor Group Counseling in Understanding Interests, Talents, and Personality on the Accuracy of Selection of Work Programs in Vocational High School Students. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 203–208.

Herr, E. L., & Cramer, S. H. (1988). Career guidance and counseling through the life span: Systematic approaches. In Scott, Foresman & Co. (3rd ed.).

Jannah, R., & Hidayat, D. (2022). Analysis of Trait and factor Theory and Its Implications in Career Guidance Services.BK An-Nur Student. Journal: Different, Meaningful, Noble, 8(1), 121-127.

Jannah, R., & Hidayat, D. R. (2022). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 8 Nomor 1 Tahun 2022 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/An-Nur Analisis Terhadap Trait and factor Theory Dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan Karir DipublikasikanOleh . 8, 121–127.

Jayadi, J., Setiani, F., & Fitria, A. (2019). Trait and factor Approach In Career Decision Making. Journal of Paedagogie Media Educational, Scientific and Religious, 7(2), 88–95.

Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Kukuh, J. (2013). Esensial Konseling: Pendekatan Trait and factor Dan Client Centered. Garudhawaca.

Mahfud, M. (2016). Trait and factor counseling for students who have difficulty choosing a study program. Journal of Islamic Thought and Education, 9(2), 123–143.

Mahmoodi, Aghdam., M. K. (2019). The Effectiveness of Trait-and-Factor Counseling on Career Decision-Making Self-Efficacy Among High School Students. Journal of Career Development, 46(5).

Moriyasu, R., & Kobayashi, T. (2022). Japan & The World Economy Impact of career education on high school students ’ occupational choice : Evidence from a cluster-randomized controlled trial. Japan & The World Economy, 63(July), 101146. https://doi.org/10.1016/j.japwor.2022.101146

Nasution, S. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas Bagi Siswa di Sekolah. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(3), 1–8.

Nisrina Ayuni, A. (2015). Kematangan Karir Siswa Kelas Xi Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Di Sma Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 1–12.

Putri, S. D., & Yusuf, M. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pendekatan Trait and factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA. 3(4), 1513–1520.

Rahayu, R., & Pengaraian, U. P. (2022). Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Dengan Pendekatan Trait and factor di SMK N 2 Rambah. 6(1), 70–75.

Ramli, M., & Muslihati, M. (2020). Bimbingan Karier Dalam Media Portofolio Karier. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 889–895.

Ristian., T., & Nadya Rahmadani., D. R. H. (2020). Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. 11(1), 1–8.

Rosmawati, T. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Trait and factor Untuk Meningkatkan Kematangan Abstrak. 4, 57–63.

Sari, I. P., & Karneli, Y. (2021). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Anak dengan Model Konseling Psikologi Individual. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(3), 239–245. https://jurnal.iicet.org/index.php/schoulid/article/view/859

Saunders, N. F. (2021). Krumboltz, Career Decision Making, and Metco: A Portraiture Study Among Alumni. Northeastern University.

Shiddiqy. A. R. A., Suherman. U., A. M. (2019). Efektivitas Bimbingan Karier Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa. Journal Of Educational Counseling.

Syamal, F., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Trait and factor serta Penerapannya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. 6, 46–52.

Zatrahadi, M. F., & Karneli, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Konseling Kelompok Trait and factor Terhadap Ketepatan Pemilihan Jurusan Siswa. 3(2), 141–149.

Zeni, S. Z. (2016). Bimbingan Konseling Karir Dalam Pendekatan Sprituar. Ta’dib, 16(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v29i1.15253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erwita Ika Violina, Rafael Lisinus Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.