Sikap Toleransi Mahasiswa Dalam Kehidupan Kampus Multi Kultural

Satya Anggi Permana

Abstract


Interaksi mahasiswa di  kampus yang terdiri dari berbagai latar budaya yang berbeda menjadi fenomena unik tersendiri mewarnai aktivitas mahasiswa dikampus tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana sikap toleransi mahasiswa dalam kehidupan multikultural kampus STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data Penelitian dilakukan dengan Uji Kepercayaan (Credibility), Uji Keteralihan (Transferability), Uji Kebergantungan (Dependability), dan Uji Kepastian (Confirmability). Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data (data reduction), display data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification).

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa sikap toleransi mahasiswa dalam kehidupan multikultural kampus STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh terlihat baik. Sikap toleransi ini terlihat dalam interaksi antar mahasiswa yang suka membuka diri dengan tidak menonjolkan perbedaan satu sama lain seperti asal daerah, budaya, adat, dan suku dalam bergaul. Dalam berorganisasi sikap toleransi mahasiswa terlihat dalam tindakan-tindakan demokratis dan azas kekeluargaan yang terus dijaga mulai dari organisasi itu dibentuk.

 


Keywords


Sikap; Toleransi; Mahasiswa; Multi Kultural

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Choirul Mahfud, 2010. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Galeotti A. E., 2004. Toleration As Recognition. New York: Canbridge University Press.

H.A.R. Tilaar, 2004. Multikulturalisme; Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta. PT Grasindo.

Ngainun Naim & Achmad Sauqi, 2008. Pendidikan Multikultural Konsep & Aplikasi. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Nursavitri G. 2013. Pengaruh Sikap Toleransi terhadap Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Rukun Warga IV Kelurahan Wonokarto Wonogiri. Jurnal. 1 (1) : 58.

Sarwono dan Meinamo, 2009. Psikologi Sosial. Jakarta. Salemba Humanika.

Sartiko S.Y., Nadhiroh dkk. 2013. Pembinaan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal. 1 (2):2.

Suparlan Al Hakim & Sri Utari, 2018. Pendidikan Multikultural; Strategi Inovatif Pembelajaran dalam Pluralitas Masyarakat Indonesia. Malang. Madani Media.

Sutton M., 2006. Toleransi Nilai dalam Melaksanakan Demokrasi. Jurnal. 5 (1): 53-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v29i1.15206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Satya Anggi Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.