Paradigma Komunikasi dan Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Dalam Lingkup Individu Dan Sosial

Indi Tri Asti

Abstract


Paradigma merupakansikap mental yang lahir dari cara  berpikir  seseorang  terhadap  diri  dan  lingkungannya  yang  dapat memberikan pengaruh pada sudut pandangnya (kognitif),  sikap  (afektif),  dan  perilakunya (konatif). Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat bagaimana paradigma psikologi komunikasi dalam upaya pembentukan kepribadian muslim dalam lingkup individu dan sosial, sebagai salah satu bentuk ketaqwaan setiap umat manusia kepada penciptanya, Allah swt.

Keywords


Paradigma Psikologi Komunikasi, Kepribadian Muslim

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Boesard Marcel A, dkk. 1980. Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Agama RI. 2005. Al-qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: J-Art.

Denzin, dkk. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gerungan, WA. 1996. Psychologi Sosial. Bandung: Aresco.

Hasanah, Umdatul. 2010. Pembentukan Kepribadian Muslim. Banten: Adzikra.

Mujib, Abdul. 2007. Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Zuhairini, dkk. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v28i2.14207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 An Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.