Analisis Use And Gratification Dalam Menentukan Strategi Dakwah Virtual

Asma Sari Siregar, Azhar Sitompul, Nurhanifah Nurhanifah, Maulana Andi Surya

Abstract


Dalam komunikasi massa ada satu teori yang yang dinamakan dengan Use and Gratification Theory (Teori Kegunaan dan Kepuasan). Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan adalah salah satu teori komunikasi dimana titik-berat penelitian dilakukan pada pemirsa sebagai penentu pemilihan pesan dan media. Era digital saat ini sudah menjadi basic human needs, kebutuhan akan wifi dan battery, namun perkembangan teknologi dan era digitalisasi tentu saja memiliki banyak dampak, diantaranya banyaknya orang yang membutuhkan solusi atas persoalan-persolan hidup yang dialami olah masyarakat yang tentunya harus berlandaskan ajaran agama, khususnya ajaran Al-Qur’an dan Hadis. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para  Muballigh, para Da’i/ah untuk mengikuti perkembangan zaman, karena pesatnya perkembangan internet dan era digital , para Muballigh juga dituntut untuk bisa ikut andil untuk tetap ikut berdakwah melalui media digital, demi guna menjawab tantangan dan persoalan ummat yang sesuai dengan era saat ini, tentunya berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Para Muballiqh dan praktisi Dakwah dituntut untuk mampu memberikan solusi bagi permasalahanummat,melaluidakwahnyayangdisiarkandiberbagaimedia dan juga dituntut bisa mewujudkan keberadaan dakwah virtual (dakwah melalui media teknologi  dan informasi) sehingga diharapkan mampu menjadi alternatif revitalisasikeislaman bagi generasi  Network Societydalam upaya menjadikan generasi muslim yang lebih baik. Jadi  para praktisi dakwah harus memiliki strategi dakwah yang baik dan efektif,  mampu menentukan penggunaan dan pemilihan media massa yang akan digunakan serta materi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini karena sesuai teori uses and gratification masyarakat atau khalayaklah yang akan menentukan positif atau tidak terhadap dakwah yang dilakukan.

Keywords


Use and Gratification Theory, Dakwah Virtual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


(KBBI), A. k.-K. (2022, OKTOBER). KBBI. Retrieved from KBBI: Arti kata virtual - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Awaluddin, P. (2005). Paradigma Dakwah Humanis Strategi dan Metode Dakwah. Semarang: Rasail.

Jakarta, u. (2022). dakwah. Jurnal UIn jkt Dakwah, https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dakwah diakses pada tanggal 27 oktober 2022.

Jalaluddin, R. (2007). Psikologi Komunikasi Cetakan ke 25. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardelis. (2004). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal . Jakarta: Bumi Aksara.

Moh, A. A. (2005). Pendidikan Karakter. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Nina, A. M. (2008). Psikologi Komunikasi Cetakan ke 9. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Siti, M. (2000). Metodolodi Dakwah Kontemporer. Yogyajarta: Mitra Pustaka.

Syukur, K. (2007). Komunikasi Islam. Bandung: Ciptapustaka Media.

Wikipedia. (2022, Oktober Selasa). https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_penggunaan_dan_pemenuhan_kepuasan, diakses pada tanggal 08 Oktober 2022, pukul 11: 15 WIB. Retrieved Oktober Selasa, 2022, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_penggunaan_dan_pemenuhan_kepuasan, diakses pada tanggal 08 Oktober 2022, pukul 11: 15 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v28i2.14203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 An Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.