Strategi Komunikasi pemerintah Kota Medan dalam Pengembangan Pariwisata Istana Maimun

Etikasari Etikasari, Elismayanti Rambe

Abstract


Kota Medan terkenal dengan wisata peninggalan sejarahnya, salah satunya adalah objek wisata Istana Maimun. Istana Maimun menjadi satu dari sepuluh wisata menarik di Indonesia. Tujuan diadakannya  penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan  Strategi Komunikasi yang digunakan Pemerintah dalam pengembangan wisata Istana Maimun dan Pemanfaatn Ekonomi di daerah Istana Maimun. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Pemerintah dalam staregi komuniaksi wisata Istana Maimun adalah dengan bekerja sama kepada ahli waris Istana Maimun dengan mengikuti pelatihan dan sosialsisasi wisata ke Istana Maimun. Sedangkan pada pemanfaatan ekonomi bagi para pelaku UMKM adalah belum cukup efektif dalam hal keuntungan bisnis, lebih pada mencukupin kebutuhan sehari-hari.


Keywords


Pemerintah, istana maimun, ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Ayubi H, Humaidi, Fungsi dan Kegiatan Masjid Dian Al Mahri sebagai Obyek Wisata Rohani, (On-Line) Program Manajemen Dakwah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2008

Cangara, Hafied, Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014

Edwin, Mustafa Nasution dkk, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana, 2007

Effendi, Onong Uchana, Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung: Citra Aditya Bhakti, 2003

Evita, Reni Aktivitas KeHumasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif. 2035/KOM-D/SD-S1/Skripsi 2015

Gusti Bagus Rai Utama, Pemasaran Pariwisata (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2017

Gojali, Ahmad, Upaya Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Dalam Mengembangkan Distenasi Wisata Religi, Skripsi Prodi Manajemen Dakwah,UIN SUKA 2019.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti, Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasisi Masyarakat Yogyakarta: Graha Ilmu 2012.

Hasbullah, Dialektika Islam Dalam Budaya Lokal: Potret Budaya Melayu Riau, Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya, Vol.11, NO. 2 Juli Desember 2014.

Ismail, Nawari, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2015.

Jealani, Aan, dkk, Cirebon Sebagai Destinasi Wisata: Potret Wisata Religi dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat, Penelitian Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2015.

Moleong, Lexy J. MetodologiiPenelitian Kualitatif,. Bandung: Pustaka, 2004.

Nurudin, Sistem Komunikasi Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004

Ndraha, Taliziduhu, Kronologi: Ilmu Pemerintahan Baru, Jakarta: Direksi Cipta, 2003.

Oktarini, Aisyah, Pengaruh Tingkat Hunian Hotel dan Jumlah Objek Wisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lampung dalam Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: IAIN Raden Intan Lampung, 2016

Sedarmayanti, Membangun dan Mengembangkan Kebudayaan dan Industry Pariwisata. Bungan Rampai Tulisan Pariwisata,(Bandung: Pt refita Aditama, 2014.

Soekadijo, Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage, Bandung: Angkasa, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v28i2.13910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 An Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.