PENGARUH AKUN INSTAGRAM @HANEENAKIRA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PARA FOLLOWERS-NYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun instagram @haneenakira terhadap perilaku ibadah para followers, pemahaman akidah dan juga sikap sosial terhadap sesama (hablumminannas) dan motivasi diri/self healing para followers instagram @haneenakira. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan tentang bagaimana pengaruh akun instagram @haneenakira terhadap perilaku keagaamaan followers-nya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa akun instagram @haneenakira berpengaruh terhadap perilaku ibadah para followers-nya, baik itu ibadah salat, puasa, sedekah, dan juga. Akun instagram @haneenakira juga berpengaruh terhadap pemahaman akidah para followers-nya. Dengan melihat akun instagram tersebut, para followers lebih paham akan akidah Islam sehingga para followers lebih mendekatkan diri kepada Allah serta meyakini setiap takdir yang telah ditetapkan allah didalam kehidupannya. Selain itu, akun instagram @haneenakira juga berpengaruh terhadap sikap sosial kepada sesama (habluminnanas), yang menjadikan para followers suka dalam membantu orang lain dan berbuat baik kepada sesama. Dengan melihat konten-konten akun instagram @haneenakira, para followers juga lebih mencintai diri sendiri, mencintai lingkungan sekitar, lebih percaya diri dan tidak insecure. Akun instagram @haneenakira juga berpengaruh terhadap motivasi diri para followers, baik itu rasa semangat dalam menggapai cita-cita, lebih mengerti arti dari rasa syukur, sabar dan ikhlas.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-imu Sosial Lainnya, Cetakan ke-9. Jakarta: Kencana.
Cahyano, Ageng Sugeng. 2016. Pengaruh Media Sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tulungagung.
Ridwan, Muhammad dkk. 2019. Pengaruh Dakwah di Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa. Jurnal Al-Misbah Vol.15 No.2.
Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Ulber Silalahi. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV
Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v27i2.11207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 An Nadwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.