Contoh Saja Ya ....

Muhammad Zidani

Abstract


Pada dasarnya semua agama yang diturunkan oleh Allah Swt (agama samawi), memposisikan tauhid sebagai komponen utama suatu agama. Oleh sebab itu, setiap Rasul yang diutus oleh Allah Swt mempunyai tugas untuk menanamkan tauhid ke dalam jiwa umatnya, dengan menyeru umatnya untuk beriman kepada Allah Swt, menyembah, mengabdi, dan berbakti kepada-Nya, serta melarang untuk menyektukan Allah Swt dalam bentuk apa pun, baik zat, sifat, maupun af‟al-Nya.
Begitu pun nabi Muhammad Saw. yang menjadikan tauhid sebagai misi risalahnya. Beliau memusatkan dakwahnya untuk meng-Esa-kan Allah Swt, seruan tersebut beliau lakukan ketika awal kerasulannya sejak periode Mekkah. Bukti yang menunjukkan bahwa misi dakwah Rasulullah Saw. untuk menanamkan tauhid, adalah ayat-ayat yang turun pada periode Mekkah atau ayat Makiyyah berisi masalah-masalah perihal tauhid.


References


Abdurrahman, Moeslim, 1995, Islam Transformatif, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Abdurrahman, Moeslim, 2005, Islam Yang Memihak, Yogyakarta: LKiS.

Amaladoss, Michael, 2001. Teologi Pembebasan Asia, terj. A. Widyamartaya dan Cindelaras, Yogyakarta: Insist

Andriansyah, Yuli, 2015, “Menggunakan Konsep ‘At-Turāṡ Wa At-Tajdīd’ dalam Pemikiran Ḥassan Ḥanafī untuk Mengatasi Kemiskinan Di Indonesia,”

Millah, 15 (1).

Andriansyah, Yuli, 2015. “Menggunakan Konsep al-Turas wa al-Tajdid”, Jurnal

Millah, 15 (1).

Anwar, M. Syafi’i, 1993, “Sosiologi Pembaharuan Pemikiran Islam Nurcholis Madjid” Jurnal Ulumul Qur’an, 1 (4).

Arif, Syaiful, 2013, Humanisme Gus Dur: Pergumulan Islam dan Kemanusiaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Azra, Azyumardi, 2003. “Menggugat Tradisi Lama, Menggapai Modernitas: Memahami Ḥassan Ḥanafī”, Kata Pengantar buku Ḥassan Ḥanafī, Dari Akidah ke Revolusi Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama, terj. Asep Usman Ismail, et.al, Jakarta: Paramadina.

Barton, Greg, 1999, Gagasan Islam Liberal di Indonesia: Pemikiran Neo-Modernisme Nurcholish Madjid, Djohan Effendi, Ahmad Wahib, dan Abdurrahman Wahid, Jakarta: Paramadina.

Dahlan, Moh., 2013, Paradigma Ushul Fiqh Multikultural Gus Dur, Bengkulu: IAIN Bengkulu Press, 2013.

Fadal, Kurdi, 2014, “Tafsir Alquan Transformatif: Perspektif Hermeneutika Kritis Ḥassan Ḥanafī”, Jurnal Penelitian,11, (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/jitmc.v3i1.11206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Zidani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.