Analisis Wacana Tabloid Mingguan Modus Aceh Terhadap Pemberitaan Debu Batu Bara PT. Mifa Bersaudara

Mutia Tisa, Revina Rahayu

Abstract


Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pemberitaan terkait debu batu bara, Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat Tabloid Modus Aceh dalam membangun wacana dalam sebuah pemberitaan, dalam hal iniĀ  wartawan tentunya memiliki tujuan tertentu, baik itu inisiatif sendiri atau tuntutan dari media tempat dia bekerja. Adapun teori yang digunakan adalah teori Van djick. Metode yang peneliti gunakan adalah metode analisis deskriptif wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ketidakberpihakan dan metode wacana yang tertuang ke dalam bentuk bahasa, disebabkan media mencari sudut pandang yang berbeda dan semenarik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa dan model pemberitaan tertentu


Keywords


Analisis Wacana; Tabloid; Pemberitaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya Pada Wacana Media. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Media Massa: Kekuatan pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter dan thomas Lukcman, Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana (Pengantar Analisis Teks Media). Yogyakarta : LKis

Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

http://modusaceh.wordpress.com/profil-perusahaan-modus-aceh.html. Diakses pada 20 Oktober 2018 pukul 14.00 wib

Kriyantono. Rachmat. 2007 Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana,

Setiati, Eni. 2005. Ragam Jurnalistik baru dan Pemberitaan, Strategi Wartawan Menhadapi Tugas Jurnalistik. Yogyakarta: Andi.

Siregar, Ashadi, dkk. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius.

Summadiria, As. Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia : Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syahputra, Dedi Kurnia.2012. Media dan Politik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta : Rajagrafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v6i2.7526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mutia Tisa

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.