Surat Kabar Kota Medan Era 4.0

Abdul Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi surat kabar cetak di Kota Medan Era 4.0, serta faktor-faktor memengaruhi perkembangan dengan menggunakan metode analisis dokumentasi serta wawancara kalangan pers terhadap surat kabar yang selama ini diketahui memiliki minat baca tinggi. Hasil penelitian menemukakan surat kabar harian cetak di Kota Medan mencapai 30 suarat kabar berada dalam kondisi kritis bahkan diperkirakan akan kolep. Karena pemasokan iklan yang merupakan jantungnya persuratkabaran menurun derastis sampai ke tingkat paling bawah. Fakta ini ditunjukkan Harian Analisa hanya mendapatkan 3 halaman iklan yang sebelum-seblumnya mencapai 10 halaman, Waspada hanya mampu meraih 0,5  halaman iklan, Harian Tribun hanya 1,5 halaman iklan, Sumut Pos 1 halaman,  Koran Mimbar Umum, Sinar Indonesia Baru,  Medan Pos, dan lainnya cuma ¼ halaman iklan, bahkan beberapa media lainnya tidak memperoleh iklan sama sekali.

Penyebab rendahnya pemasukan iklan bagi surat kabar cetak, karena para pemasang iklan melarikan iklan ke media berbasis digital dengan tarif lebih murah dan gampang diakses pembaca melalui android. Sisi lain juga karena berita-berita yang disajikan media surat kabar tidak mampu menarik perhatian pembaca secara signifikan, sehingga pembaca cendrung mengabaikan berita-berita di media massa surat kabar cetak.

Apa yang dikemukakan Garnham dalam teori ekonomi politik media jelas sekali bahwa media massa termasuk media massa cetak surat kabar erat kaitannya dengan masalah ekonomi. Artinya media massa surat tidak akan hidup tanpa didukung kekuatan ekonomi. Satu-satunya  yang dapat menghidupkan media massa cetak terletak pada pemasukan iklan. Teori Uses and effec juga berpandangan terhadap apa yang menjadi keinginan dan pandangan pada massa media serta  akses kepada media akan membawa individu membutuhkan atau tidak membutuhkan mass media. Hal ini berkaitan dengan daya tarik berita yang disuguhkan media cetak tersebut sehingga memengaruhi sikap pembeli.


Keywords


Surat Kabar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bungin, Burhan. 2000. Konstruksi Sosial Media Massa, Kencana : Jakarta.

Denis, McQuail. 1989. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Djurito, Totok. Manajemen Penerbitan Press. Bandung: Rosdakarya. 2000.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2007. Analisis Naratif, Dasar-Dasar Penerapannya dan Analisis Teks Berita. Jakarta: Prenada Media.

Herdiansyah, Haris. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Karen A. Foss, Stephen W. Littlejohn. 2006. Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Littlejohn, Stephen W (editor). 2016. Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Morisson. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muis, Abdul. 2001. Komunikasi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

S. Djuarsa, Sendjaja. 1999. Komunikasi massa. Jakarta Rosdakarya.

Sihaya, Isabella Astrid. 2014. dalam buku Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia Jurnalisme Profesional dan Literasi Media. Jakarta Selatan : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.

Terry Flew. 2005. New media: An Introduction (2nd edition). Oxford: Oxford University Press.

Toffler, Alvin. The Third Wave. 1980. Pan Book in Assiciation With William Collins Sons & Co. Ltd.

Willson, L Laurue J & Joseph D. Ogden. 2008. Strategic Communications Planning for Effective Public Relations and Marketing Fifth Edition. Kendal/Hunt Publishing Company, Iowa. USA.

Herman, Mario Pentek, Tobias Otto, Boris 2015 : Design Princiles for Industri 4.0 Scenarios: A Literature Review. Feb 2015.

https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_4.0. Diakses tanggal 2020-02-04.

htt://newspaper.pikran-rakyat.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v6i2.7520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Rasyid

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.