Strategi Komunikasi Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah Rantauprapat dalam Menumbuhkan Kecintaan Masyarakat terhadap Masjid
Abstract
Saat ini, masjid sering kali dipandang hanya sebagai bangunan umum biasa yang sebagian besar dikunjungi oleh orang lanjut usia. Padahal, pada masa Nabi Muhammad, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat salat berjamaah, tetapi juga sebagai pusat berbagai kegiatan kemasyarakatan. Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah merupakan salah satu kelompok dakwah Islam di Rantauprapat yang aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan, termasuk kunjungan ke masjid di luar kota serta menyelenggarakan berbagai kegiatan di masjid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah dalam menumbuhkan kecintaan dan penghargaan masyarakat terhadap masjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan kunci terdiri dari tokoh-tokoh penting dalam kelompok seperti ketua, sekretaris, dan anggota lainnya. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui klasifikasi, reduksi, deskripsi, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data didukung melalui triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Dakwah Istiqomah Hijrah menggunakan komunikasi persuasif untuk mendorong keterlibatan masyarakat di masjid, serta komunikasi edukatif melalui kajian mingguan dan wisata religi dua tahunan. Mereka juga memanfaatkan platform media sosial seperti WhatsApp dan Facebook untuk menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan dan pesan-pesan yang berkaitan dengan masjid.
Keywords
Full Text:
Untitled (Indonesian)References
Aprianti, F., Sari, H., Rodiah, & Hawariah, A. (2024). Analisis Literasi Digital dan Kesiapan Dakwah Digital Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Makassar. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(3), 64–77. https://doi.org/10.59966/setyaki.v2i3.1470
Aswirna, P., & Fahmi, R. (2024). Membangun Eksistensi Masjid Sebagai Rumah Ibadah Ramah Lingkungan. Kajian Ilmu Komunikasi, 5(2), 2–7.
Chakim, S., Basit, A., Ash-Shidiqy, M., & Zaman, A. R. B. (2021). Resistensi Pengelolaan Wisata Religi di Makam Dalem Santri Kutaliman Banyumas. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(3), 387–398. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i3.12500
Fajar, D. P., & Aminulloh, A. (2023). Awal Mula Kemampuan Berkomunikasi: Sebuah Tinjauan Communibiology. Tuturlogi, 4(1), 29. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2023.004.01.4
Hidayat, T. W. (2021). Analisis Percakapan Komunikasi dalam Menentukan Keberhasilan Pesan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 166–176. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5632
M, S. A., & Jumala, N. (2025). Pengelolaan dan Pemberdayaan Fungsi Masjid : Layanan Inovatif dan Inklusif Bagi Semua Kalangan di Masjid At-Tin Kota Sukabumi. Seulanga, 4(1), 1–21.
Muhammad Hasan, T. K. H., Syahrial Hasibuan, I. R., Sitti Zuhaerah Thalhah, M.Pd., Dr. Cecep Ucu Rakhman, S.Sos., M. ., Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, S.Pd., M.Hum., Dr. Inanna, S.Pd., M. P., Andi Aris Mattunruang S.E., M.Sc., Dr. Herman, S.Pd., M. P., Nursaeni, S.Ag., M.Pd., Dr. Yusriani, SKM., M.Kes, Dr. Nahriana, M. P., … Azwar Rahmat, M.TPd, Yetty Faridatul Ulfah, M.Hum, Nur Arisah, S.Pd., M. P. (2023). Metode penelitian kualitaf.
Muzayanah, A., & Lubis, Y. M. (2023). Dinamika Dakwah Islam dalam Era Digital: Kajian terhadap Strategi Implementasi dan Tantangan yang Dihadapi. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4(02), 161–180. https://doi.org/10.53678/elmadani.v4i02.1461
Nur Syahiirah Izhan Azihan, & Khazri Osman. (2022). Cabaran Berdakwah Menerusi Media Sosial Dalam Kalangan Pelajar Fakulti Pengajian Islam Di Universiti Kebangsaan Malaysia. Seminar Dakwah &Wahdah Al-Ummah 2022, Interaksi Dakwah Di Malaysia Merentas Zaman, (July), 1–26.
Nurfatmawati, A. (2020). Strategi Komunikasi Takmir Dalam Memakmurkan Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 21. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9838
Puji Yati, Melliza Putri, Septa Yulia Putri, Jovita Junia, Ria Susanti, & Amanda Clara Natalia. (2023). Dakwah Islam Melalui Media Sosial Sebagaisarana Pendidikan. Proceeding Conference On Da’wah and Communication Studies, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.61994/cdcs.v2i1.85
Rodiah, S., & Yusup, P. M. (2018). Strategi Ko,unikasi Dalam Pengembangan Desa Agro Wisata Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Signal Unswagati Cirebon, 6(2).
Setyaningsih, R. (2019). Model Penguatan E-dakwah Di Era Disruptif Melalui Standar Literasi Media Islam Online. Tsaqafah, 15(1), 67. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2947
Solikul Huda, M., Astuti, L., & Risdiyanto, B. (2017). Representasi Gambar Peringatan Kesehatan Pada Kemasan Rokok. Jurnal Professional FIS UNIVED, 4(2), 49–72.
Subakti, M. F. (2022). Literasi Digital: Fondasi Dasar Dakwah Dalam Media Sosial. Jurnal Dakwah, 23(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jd.23.1.22.4
Suryana, S., & Ismail, N. (2023). Strategi Penyuluhan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan terhadap Majelis Taklim. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3084. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2455
Syahril Ramli, M. H. (2018). MENGUNGKAP METODE PENDIDIKAN DALAM PERSEPKTIF AL-QUR’AN DAN APLIKASINYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH DI KOTA PEKANBARU (Analisis Penafsiran Tematik Tentang Al-Hikmah, Al-Mau’izhah dan Al-Mujadalah). Jurnal An-Nida’, 42(2), 78–107.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v12i1.25567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Reihan Nanda Hidayah Nasution, Juni Wati Sri Rizki, Mhd Latip Kahpi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.