Peran Media Public Relations dalam Menciptakan Engagement di Era Digital
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran media Public Relations (PR) dalam menciptakan engagement di era digital. Era digital telah mengubah cara organisasi dan merek berinteraksi dengan publik, dengan media sosial menjadi pilar utama dalam transformasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi literatur untuk memahami peran Media Relations dalam meningkatkan engagement di era digital. Temuan menunjukkan bahwa praktisi PR harus memanfaatkan platform-platform digital seperti Instagram, Twitter, dan YouTube untuk menciptakan interaksi aktif dengan audiens mereka. Penggunaan fitur interaktif seperti live streaming di Instagram dan Twitter, serta konten video di YouTube, terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Selain itu, diversifikasi konten melalui blog dan podcast juga berperan penting dalam strategi komunikasi PR. Transformasi media PR di era digital melibatkan pergeseran ke media sosial, diversifikasi strategi komunikasi, pengembangan keterampilan digital, dan peningkatan fokus pada keterlibatan dengan publik. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang cara praktisi PR dapat memanfaatkan potensi penuh platform-platform digital untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan publik mereka di era digital ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Annur, C. M. (2024). Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rosdakarya.
Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi. Andi Offset.
Fajarwati, N. K., Susilawati, E., Fitrianti, R., Handayani, P., & Zulfikar, M. (2023). Digital literacy and communication privacy in cybermedia era. Ijobsor, 11(2), 274 279. www.ijobsor.pelnus.ac.id
Hudson, S., Huang, L., Roth, M. S., & Madden, T. J. (2016). The influence of social media interactions on consume brand relationships: A three-country study of brand perceptions and marketing behaviors. International Journal of Research in Marketing, 33(1), 2741.
Kojongian, M., Tumbuan, W., & Ogi, I. (2022). Efektifitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. Jurnal EMBA, 10(4), 1968.
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (8th ed.). Prenada Media Group.
Maulana, A. W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Membangun Citra Pada Divisi Corporate Communication Pt Krakatau Steel (Persero) Tbk. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Mikáčová, L., & Gavlaková, P. (2014). The Role of Public Relations in Branding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 110, 832–840. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.928
Robbins, S. P., & Timothy, J. A. (2013). Organizational Behavior. Pearson.
Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Shafri, H. Z. M., Ismail, M. H., Razi, M. K. M., Anuar, M. I., & Ahmad, A. R. (2012, November 19). Application of lidar and optical data for oil palm plantation management in Malaysia. Lidar Remote Sensing for Environmental Monitoring XIII, 8526.
Shaw, T., & White, C. (2004). Public Relations And Journalism Educators Perceptions Of Media Relations. Public Relations Review, 30(4), 493502.
Sirait, N., Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti-Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indonesia Official Account Followers). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164. https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665
Susilawati, S., Arief, M., Priyadi, C., & Ridwan, W. (2022). Penguatan Peran dan Fungsi Public Relation Dalam Era New
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i2.23408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Arfian Suryasuciramdhan, Meiby Zulfikar, Ersa Rahmanda, Flarines Yena Feranza, Kartika Kartika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.