Strategi Komunikasi City Branding Kota Tangerang dengan Promosi Wisata Budaya Kali Pasir

Lilik Sumarni, Siska Yuningsih, Herdi Wisman Jaya, Sofia Hasna

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi yang diimplementasikan oleh Kota Tangerang dalam upaya membangun citra merek kota atau city branding melalui promosi Kawasan wisata budaya Kali Pasir. Kawasan Kali Pasir merupakan Kawasan perpaduan budaya tionghoa dan penduduk asli Kota Tangerang. Kali Pasir memiliki potensi sebagai wisata budaya pada citra Kota Tangerang dengan beberapa daya tarik khusus melalui warisan budaya lokal, situs bersejarah, seni tradisional dan kegiatan budaya lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi yang telah digunakan oleh pemerintah Kota Tangerang dalam mempromosikan kawasan wisata budaya Kali Pasir sebagai bagian dari usaha membangun citra kota / city branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam dengan beberapa pihak, seperti pemerintah, ahli branding, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang telah menerapkan berbagai strategi komunikasi dalam membangun citra nerek kota melalui promosi wisata budaya Kali Pasir. Strategi tersebut mencangkup penggunaan media sosial, kolaborasi dengan pelaku industry kearifan local, penyelenggaraan acara budaya, dan pengembangan intrastruktur pendukung wisata. Sehingga dampak dari strategi ini adanya peningkatan ketertarikan wisatawan terhadap Kali Pasir dan peningkatan citra positif Kota Tangerang secara keseluruhan. Kesimpulannya adalah strategi komunikasi yang diterapkan oleh Kota Tangerang dalam mempromosikan Kawasan wisata budaya daerah Kali Pasir telah berhasil membangun citra merek kota yang lebih kuat. Dengan menggabungkan promosi wisata budaya dan penerapan strategi komunikasi yang tepat, sehingg Pemerintah Kota Tangerang mampu meningkatkan daya tarik Kawasan tersebut serta meningkatkan persepsi positif pada masyarakat.

Keywords


Strategi Komunikasi; Wisata Budaya; City Branding; Kota Tangerang

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z. (2015). Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasile. Penerbit Pustaka Setia.

Al Husna, I. (2022). Pengaruh City Branding (Discover the Sacred Highlands) terhadap Keputusan Berkunjung= The Effect of City Branding (Discover the Sacred Highlands) on the Decision to Visit in Toraja (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Berita Tangerang. (2023, Maret 2). Retrieved from https://beritatangerang.id/kota-tangerang-dikenal-memiliki-kekayaan-kemajemukan-budaya/

Dahlia, D. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI CITRA DESTINASI SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Pengunjung Alif Stone Park Natuna) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Faradies, H. I. (2020). Strategi komunikasi city branding pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan world’s city of Batik. COMMICAST, 20-25.

Fahrudin.O (2023), Dinas Pariwisata Propinsi Banten Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Barista. https://dispar.bantenprov.go.id/berita/dinas-pariwisata-provinsi-banten-menyelenggaran-kegiatan-peningkatan-kompetensi-dan-sertifikasi-barista.

Fahrudin.O (2023), Pj. Sekda Virgonjati: Pemprov Banten Giatkan Pengembangan Sektor Pariwisata.

https://dispar.bantenprov.go.id/berita/pj-sekda-virgojanti-pemprov-banten-giatkan-pengembangan-sektor-pariwisata.

Febrianti, E., & Eprilianto, D. (2023). ANALISIS PERAN STAKEHOLDERS DAERAH DALAM PENGEMBANGAN CITY BRANDING" LAMONGAN MEGILAN". Publika, 1849-1862.

Gunardi, G. (2010). Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir Kota Tangerang. Jurnal Planesa, Vol.1,No.1, 26-35.

Hilman, Y. A., & Megantari, K. (2018). Model City Branding Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Lokal Provinsi Jawa Timur. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 22-36.

Irfan. A, (2023), Pramuwisata Kota Tangerang dilatih promosikan potensi pariwisata. https://banten.antaranews.com/

Kementerian PUPR. (2020, Oktober 8). Retrieved from https://sahabat.pu.go.id/eppid/page/kilas_berita/2004/Jalan-Tol-Serpong-Balaraja-Tingkatkan-Konektivitas-di-Kawasan-Barat-Jakarta-

Kristiana, Y. (2019). Buku ajar studi ekowisata. Deepublish.

Kusnady, D. (2022). Peningkatan Minat Kunjung Wisatawan pada Kota Medan dengan Strategi City Branding. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 5(2), 220-229.

MB Zaman (2021) http://e-journal.uajy.ac.id

Medellu, M. M. D., & Sani, R. I. (2022). The Decision to Purchase Converse Shoes in Tangerang City is based on the Role of Brand Image. Journal of Finance and Business Digital, 1(4), 303-310.

Merdeka.com (2023), Kisah Masjid Jami Kalipasir Tertua di Tangerang, Pilarnya Pemberian Sunan Kalijaga. https://www.merdeka.com/jabar/kisah-masjid-jami-kalipasir-tertua-di-tangerang-pilarnya-pemberian-sunan-kalijaga.html

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Simbiosa Rekatama Media.

Purba, A. S., Prathivi, M. D. G., & Sihombing, R. (2023). THE ROLE OF CITY’S BRAND EQUITY’S DIMENSION ON TOURIST’S VISIT INTENTION USING FAMILIARITY AS MEDIATION: A STUDY OF TANGERANG CITY INDONESIA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(1), 17-23.

Ramadhani, S. (2023). Inovasi Smart Branding Pemerintah Daerah: Studi Pengembangan Kampoeng Heritage Kayutangan sebagai Icon di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Rusadi, S., & Wedayanti, M. D. (2019). Strategi City Branding oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dalam Peningkatan Daya Tarik Pariwisata. Jurnal Wedana, 16-22.

Sagiyanto, A.i, dkk. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang Dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata Melalui Instagram (@humas_kota_tangerang). Journal Komunikasi, Vol 12 No.2 September 2021 No 30/E/KPT/2019 (Sinta 4). P-ISSN 2086-6178 E-ISSN 2579-3292

Wijaya, S. (2022). PENGARUH DISKON, PROMOSI, DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE KOTA TANGERANG (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma).

Web

https://katadata.co.id/safrezi/berita/6194c6710a306/8-destinasi-wisata-tangerang-dari-sungai-sampai-vihara

http://lpse.tangerangkota.go.id

https://www.satelitnews.com/50123/dimulai-dari-kalipasir-yang-konon-menjadi-pusat-sejarah/




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i1.21238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilik Sumarni, Siska Yuningsih, Herdi Wisman Jaya, Sofia Hasna

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.