Pengaruh Terpaan Pemberitaan Kasus Mario Dandy Di Media Massa Terhadap Citra Direktorat Jenderal Pajak

Devi Ayu Kusmiati, Catur Suratnoaji

Abstract


Terpaan media berusaha mencari data khalayak mengenai media, baik dari segi jenis media, frekuensi, hingga durasi penggunaan. Informasi dalam media massa, membuat masyarakat tidak dapat melepaskan diri dari informasi yang disajikan. Pemberitaan mengenai penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy, yang berimbas pada kasus korupsi ayahnya membuat stigma negative terhadap. Ditjen Pajak, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh terpaan pemberitaan kasus Mario Dandy terhadap persepsi masyarakat Surabaya mengenai citra Ditjen Pajak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakkan intrumen penelitian dan analisis data yang bersifat statistik korelasi dengan tujuan untuk menguji apakah benar atau tidaknya hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa H1 yang menyatakan terdapat pengaruh terpaan pemberiataan kasus mario dandy di media massa terhadap persepsi masyarakat surabaya tentang citra ditjen pajak diterima. Sedangkan H0 yang menyatakan idak terdapat pengaruh terpaan pemberiataan mario dandy di media massa terhadap persepsi masyarakat surabaya tentang citra ditjen pajak ditolak. Semakin tinggi terpaan pemberitaan kasus penganiayaan Mario Dandy di media massa maka semakin berpengaruh pula terhadap persepsi citra dari Dikjen Pajak yang merupakan buntut dari kasus korupsi Rafael Alun.


Keywords


Terpaan Media; Media Massa; Citra Perusahaan; Mario Dandy; Korupsi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardianto, E., & Soemirat, S. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis regresi dalam penelitian ekonomi & bisnis Dilengkapi aplikasi SPSS & Eviews. In PT Rajagrafindo Persada.

Hikmat, & Purnama. (2009). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung.

Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350

Paramita, N. (2018). Sikap Masyarakat Surabaya Pasca Pemberitaan Produk Anak Bangsa “Motor Listrik Its (Gesits) Diproduksi Massal” Di Media Massa (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Masyarakat Surabaya Pasca Pemberitaan Produk Anak Bangsa “Motor Listrik ITS (GESITS) Diproduks. UPN Veteran Jawa Timur, Ilmu Komunikasi. Surabaya: UPNVJATIM Repository. Retrieved from http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/12347

Pratiwi, M. N., & Rumhapsari, I. (2019). Self Monitoring Pada Masa Dewasa Awal. Prosiding Seminar Nasional 2019 Pengembangan Karakter Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.

Putri, L. S. (2016). Pengaruh Terpaan Media Televisi Dalam Pembentukan Citra Kepolisian (Survei Pada Penonton Program Acara Televisi 86 Net Tv Di Dusun Pungkursari Sidorejo Salatiga). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24747

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta.

Widayanti, P. I. (2017). Sikap Masyarakat Surabaya Pasca Pemberitaan Bahaya Vapor Di Media Massa” (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Masyarakat Perokok Aktif Dan Pengguna Vapor Di Surabaya Pasca Pemberitaan Bahaya Vapor Di Media Massa). UPN Veteran Jawa Timur, Ilmu Komunikasi. Surabaya: UPNVJATIM Repository. Retrieved from http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7475




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i1.21237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devi Ayu Kusmiati, Catur Suratnoaji

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.